D-ONENEWS.COM

Pioner Pembudidaya Ikan KOI Skala Internasional Berasal Dari Lumajang

Lumajang,(DOC) – Ikan koi ini merupakan ikan hias kelas internasional yang digemari. Bagi pecinta ikan Koi, jenis ikan indah dan menarik ini biasanya ikut dalam lomba baik tingkat nasional maupun internasional.

Salah satunya Rony Angga Saputra asal Desa Blukon Sadeng, Lumajang, Jawa Timur yang sering mengikuti kontes tingkat nasional maupun go internasional dan sudah tergabung dalam komunitas Lumajang KOI Club (LKC) dan diketua Dwi Santoso.

Awalnya, Rony mulai memelihara ikan hias jenis KOI ini sejak bangku SMA, yang akhirnya bertemu dengan kawan-kawan yang sama-sama punya hobby memelihara ikan KOI.

Bahkan ia penasaran dan mencoba menganalisis potensi pembudayaan ikan koi di rumahnya di Desa Karanglo, Kecamatan Kunir yang memiliki keuntungan besar. Dari situlah, ia kerap bertanya kepembudidaya ikan koi untuk bagaimana caranya agar go Internasional.

Dengan semangatnya yang tinggi dan ingin terus berinovasi, kini berbagai juara tingkat kabupaten, nasional, bahkan dua kali piala Presiden pernah diraihnya. Salah satunya kontes 19th Blitar Koi Show 2019 yang digelar di Kota Blitar pada 28 April 2019 lalu.

“Dulu saya diajak Mas Dwi Rosanto mengikuti lomba KOI di Blitar, dan akhirnya menyabet juara utama, itu saya tidak menyangka karena yang ikut kontes waktu itu dari berbagai daerah yang selama ini dikenal sebagai tempat budi daya KOI”, ujarnya tersenyum.

Setelah meraih juara di berbagai event, ia mulai menyadari bahwa kabupaten Lumajang memiliki potensi besar dalam mengembangkan KOI. Apalagi sumber daya alamnya sangat mendukung untuk membudi dayakan ikan hias ini.

“Saya belajar di Blitar dan daerah lain ternyata sumber daya alam Lumajang lebih baik. Kwalitas airnya lebih bagus dibandingkan dengan daerah lain. Ini kesempatan besar untuk mengembangkan ikan hias, khususnya KOI”, terang Rony Angga Saputra.

Lebih lanjut, ini adalah bukti dan hasil kreativitas muda pencinta Koi di Lumajang. Untuk berharap kedepan ada pemerintah menyediakan fasilitas untuk kelompok pembudidaya ikan koi hal itu untuk meningkatkan perekonomian dan membangun kampung Koi yang ada di Lumajang untuk segera teralisasi.

“Wakil Bupati Lumajang Ir Indah Amperawati bahwa akan membentuk dan membuat kampung koi di Lumajang. Kita sudah menyiapkan lahan. Harapan saya kepada Dinas Perikanan kita sudah mendapatkan bantuan untuk segera teralisasi kampung koin,” ungkap Rony.

Jika bisa terwujud pihaknya yakin, selain akan bisa memperkenalkan Lumajang lewat koi, anak-anak muda kita juga bisa diberdayakan melalui budidaya koi ini.

“Dengan semangat tinggi agar KOI nya bisa lebih bagus lagi, marketable, dan mampu menarik orang luar untuk belajar tentang KOI di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga