D-ONENEWS.COM

PKB Wacanakan Usung Mantan Kapolda Jatim Maju Sebagai Cawali Surabaya

Foto: Ketua DPC PKB Surabaya, Musyafak Rouf

Surabaya,(DOC) – Musyafak Ro’uf, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya menyatakan, bahwa DPC PKB Surabaya mengusulkan mantan Kapolda Jatim, Irjend Pol. Purnawirawan Machfud Arifin menjadi bakal calon walikota Surabaya (Bacawali) 2020 mendatang.

Usulan itu dituangkan dalam berita acara rapat pleno DPC PKB Surabaya tertanggal 27 Desember 2019 lalu, yang ditanda tangani Ketua Dewan Syuro DPC PKB Surabaya, KH Mas Yusuf Muhajir dan Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Surabaya Masduki Toha.

Ketua DPC PKB Surabaya yang akrab disapa Cak Syafak itu juga mengaku telah menandatangi usulan tersebut, beserta Sekretaris DPC PKB Surabaya, Mazlan Mansyur. Ia menjelaskan, bahwa usulan tersebut berawal atas ajakan Machfud Arifin sendiri.

“Tapi saya jelaskan ke Pak Machfud kalau suara PKB tidak cukup mengusung sendirian jadi perlu koalisi partai. Nanti kalau sudah terbentuk saya berani melangkah lebih lanjut,” jelas Cak Syafak usai rapat Fraksi PKB di DPRD Surabaya, Jum’at(03/01/2020).

Mantan Ketua DPRD Surabaya ini juga menyatakan, bahwa dirinya telah mendengar soal keinginan sejumlah partai politik (Parpol) berkoalisi dengan PKB untuk mengusung calon sendiri. Parpol tersebut diantaranya Gerindra, PAN, Nasdem dan PKS.  “Tapi ini belum pasti lho ya,” tambahnya.

Jika koalisi sudah terbentuk nanti, maka masing-masing Parpol wajib menyodorkan nama Bacawali dan Bacawawali Surabaya. “Salah satu Parpol (PKB,red) memilih Machfud Arifin untuk maju Cawali. Cara ini kayak model Jokowi gitulah,” tandasnya.

Ia menambahkan, alasan PKB mengusulkan Machfud Arifin yang dulu pernah menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’aruf Amin di Jatim, didasari oleh saran dari Kiai di Dewan Syuro PB NU. “PKB ini dilahirkan oleh NU, jadi harus mengikuti apa kata Kiai, tapi harus tetap pada aturan. Masa kalau suara ga cukup tetap memaksa, ga lah,” katanya.

Namun usulan ini masih di godok dan di matangkan lagi melalui rangkain rapat internal dan sosialisasi internal partai. “Seperti ini tadi, kita menggelar rapat dengan kalangan Fraksi PKB, karena DPRD juga penting,” pungkasnya.(robby)

Loading...

baca juga