D-ONENEWS.COM

Proyek Amphiteater Dikebut Tepat Waktu, Cak Thoriq: Target Ranupani Masuk 10 Besar Kawasan Wisata

kawasan wisata RanupaniLumajang,(DOC) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang tengah merampungkan pembangunan amphiteater yang berada disekitar Ranupani. Proyek tersebut juga diikuti dengan pelaksanaan perbaikan sejumlah fasilitas yang berada di Ranu Regulo sebagai akses ke Desa Ranupani yang kini masuk kategori 50 besar ‘desa wisata terbaik’.

Untuk memastikan proyek tersebut berjalan tepat waktu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meninjau lokasi dengan berjalan kaki, berkeliling di kawasan wisata Desa Ranupani, Kamis(26/8/2021).

Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang menargetkan perbaikan bangunan amphiteater selesai September 2021. Untuk beberapa bangunan yang kurang layak bakal direhab, termasuk penambahan beberapa fasilitas umum, agar dapat menampung pengunjung lebih banyak lagi, ketika diselenggarakan event-event nasional maupun internasional.

“Ada beberapa infrastruktur yang sedang kami persiapkan, amphiteater kemudian penataan fasilitas Ranu Regulo. Tentu infrastruktur ini masih dibutuhkan tambahan untuk intervensi baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ujarnya.

Ia juga dalam waktu dekat akan segera menata Pokdarwis maupun BUMDes dengan seluruh Pemerintah Desa Ranupani untuk memastikan pengelolaan tempat wisata sekaligus pemberdayaan masyarakat sekitar.

Cak Thoriq mengaku bersyukur, karena Kabupaten Lumajang masih dipercaya sebagai pilot project perhutanan sosial, salah satunya memaksimalkan potensi Desa Ranupani. Hal ini merupakan kesempatan bagi Pemkab Lumajang untuk memberdayakan masyarakat agar bisa menaikkan taraf kesejahteraan.

“Sekarang Ranupani masuk 50 besar desa wisata, target kami masuk 10 besar dan tahun-tahun yang akan datang ini bisa betul-betul menjadi unggulan wisata nasional. Namun, ada beberapa hal yang harus kami benahi baik infrastruktur, SDM dan pemeliharaan yang berkelanjutan. Itu harus dilakukan oleh semua pengelola kawasan wisata yang ada di Desa Ranupani,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga