D-ONENEWS.COM

Sebanyak 658 Calon Haji Kabupaten Lumajang Batal Berangkat ke Tanah Suci

Lumajang,(DOC) – Sebanyak 658 CJH (Calon Jamaah Haji) Kabupaten Lumajang dipastikan gagal berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2020 ini. Namun tetap dilanjutkan pemberangkatan pada 2021

Menyusul Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/ 2020 M.

Dengan Keputusan tersebut, Pemerintah telah memastikan tidak mengirimkan calon jamaah haji, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Penundaan keberangkatan CJH karena pemerintah harus mengutamakan keselamatan jamaah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Muhammad Sugianto mengatakan, bagi calon jamaah haji yang telah melunasi biaya perjalanan haji tahun ini, secara otomatis akan terdaftar menjadi jamaah haji tahun 2021.

“Para jamaah bisa ikut kembali, namun dengan syarat atas usulan gubernur, sebagai telah dicantumkan dalam surat putusan kementerian,” ujarnya.

Dikatakan Sugianto, sangat terbuka untuk jamaah yang ingin kembali pembiayaan hajinya. “Karena sesuai dari peraturan tersebut diperbolehkan. Peraturan tersebut tidak hanya berlaku bagi Lumajang, juga berlaku bagi semua daerah,” tuturnya.

Menurutnya dengan tidak diambil ulang biaya haji, akan meringankan proses administrasi pemberangkatan jamaah ditahun 2021.

“Karena syarat utama dalam proses pemberangkatan jamaah haji adalah perlunasan BPIH tersebut,”pungkas Sugianto.(imam)

Loading...

baca juga