D-ONENEWS.COM

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala Asia AFF U-16 2022, Ini Kuncinya

Jakarta (DOC) – Timnas Indonesia U-16 sukses juara Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8) malam. Keberhasilan Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-16) membungkam Vietnam 1-0 tak terlepas dari sejumlah perjuangan dan doa seluruh masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, selain kedua hal itu, apa sebenarnya kunci sukses Timnas Indonesia U-16 bisa menggondol Piala AFF U-16, untuk kedua kalinya, setelah 2018 silam? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Okezone, Sabtu (13/8):

1. Arahan Bima Sakti

Sepanjang laga, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti tidak henti-hentinya memberi arahan kepada penggawa Garuda Asia. Selain memberi instruksi terkait taktik, Bima Sakti juga memberikan masukan untuk tenang dalam mengeksekusi bola. Hal itu jadi salah satu kunci keberhasilan, Timnas Indonesia U-16 bisa tampil gemilang di final.

2. Doa Restu Orangtua

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 tak terlepas dari restu orangtua para pemain, yang juga menyaksikan langsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Seperti diketahui sebelumnya, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) memang memfasilitasi orangtua untuk datang langsung ke stadion.

Sebelum pertandingan dimulai, sejumlah pemain tampak memeluk hingga mencium kaki orangtua mereka. Para pemain meminta doa restu dan dukungan agar bisa tampil maksimal di lapangan. Hal itu pun berdampak baik, Timnas Indonesia U-16 berhasil membungkam Vietnam 1-0 dan jadi juara.

3. Dukungan Suporter

Kepastian Timnas Indonesia U-16 ke final, jadi final ketiga dalam sejarah Piala AFF U-16 bagi skuad Garuda Asia. Dari tiga final, dua di antaranya, Timnas Indonesia U-16 berhasil jadi juara, yaitu pada 2018 dan 2022.

Di final tahun ini, faktor dukungan suporter yang membludak memadati Stadion Maguwoharjo, Sleman, jadi dorongan mental bagi Timnas Indonesia U-16. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia U-16 terus memberi serangan bertubi-tubi kepada lawan hingga memastikan juara Piala AFF U-16 2022.

4. Menyerang Sepanjang Laga

Permainan cepat dari kaki ke kaki, jadi salah satu taktik Bima Sakti di lapangan. Pola permainan yang berjalan mulus itu membuat Timnas Indonesia U-16 bisa menyerang sepanjang laga. Tanpa henti, tekanan terus dilancarkan Nabil Asyura dan kolega. Sampai akhirnya Timnas Indonesia U-16 berhasil cetak gol via Kafiatur Rizky dan memastikan gelar kedua Piala AFF U-16.

5. Gol Semata Wayang Kafiatur Rizky

Timnas Indonesia U-16 tanpa henti memberikan tekanan kepada Vietnam. Namun, tak juga gol tercipta sampai jelang babak pertama bubaran.

Momen indahnya, ketika laga memasuki menit tambahan. Usai dapat serangan dari Vietnam, Timnas Indonesia U-16 melancarkan serangan balik.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-16 mampu memecah kebuntuan pada menit 45+2. Lewat sepakan kaki kiri gelandang serang, Muhammad Kafiatur Rizky, yang menempatkan bola ke tiang jauh kiper, Timnas Indonesia U-16 unggul 1-0 pada akhir babak pertama.

Gol itu jadi satu-satunya di partai ini. Gol itu pun jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-16 kontra Vietnam. (oke)

Loading...