D-ONENEWS.COM

UMKM Surabaya Ucapkan Terimakasih ke Mensos Risma, Program PE Solusi Penanganan Kemiskinan

Surabaya,(DOC) – Dalam rangkaian kunjungan kerja (Kunker) di Jawa Timur, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meluangkan waktu untuk menyapa Pahlawan Ekonomi (PE) di Kampung Ketandan Surabaya. Kehadiran Mensos di sambut hangat para pelaku ekonomi yang telah meraih kesuksesan.

Sukses mereka tidak lepas dari program “Pahlawan Ekonomi” yang di bidani Mensos saat menjadi Wali Kota Surabaya. Dua tahun tak berjumpa karena pandemi, pertemuan kali ini menghadirkan rasa suka cita.

Di hadapan Mensos, mereka mengungkapkan bagaimana berjuang dari titik rendah lalu menjadi sukses. Salah satu pahlawan ekonomi, Diah Avianti atau lebih di kenal sebagai Diah Cookies memulai usaha pembuatan kue kering di tahun 2001. Dari usaha kue kering rumahan, Diah mengaku usahanya telah menggurita dan beromzet di atas Rp3 milliar.

Diah pun tak ingin ketinggalan moment bersua mentornya. Liburan keluarga di Jogya pun di persingkat agar bisa bertemu Mensos Risma.

“Saya banyak berhutang budi dengan Bu Risma. Usaha kelas kampung saya di rubah beliau menjadi seperti ini. Dan saya belum sempat mengucap terima kasih karena Bu Risma ke Jakarta menjadi Mensos,” ujar Diah dengan mata berkaca kaca.

Selama berproses menjadi besar dengan bimbingan Risma, Diah tidak mendapatkan suntikan modal. Namun hanya ilmu dan lecutan semangat yang terus di gaungkan Mensos Risma yang saat itu menjadi orang nomor 1 di Surabaya.

“Tidak ada bantuan modal. Tapi ilmu yang luar biasa dan alhmdulilah bisa anda lihat hasilnya,” kata Diah Avianti. Selain Diah, hadir pula beberapa pahlawan ekonomi lainnya seperti Wiwit Manfaati yang sukses mengolah enceng gondok, dan juga Choifiyah (74) pengusaha kue lapis Surabaya.

Senada dengan Diah, Wiwit dan Choifiyah menyatakan usahanya sukses bukan dengan bantuan modal. “Bu Risma tidak memberikan ilmu dan pengalaman. Lebih besar dari uang,” kata Choifiyah, yang biasa di sapa Bu Jai.

Mensos Risma membenarkan apa yang di sampaikan Diah dan Choifiyah bahwa memang Program Pahlawan Ekonomi di gerakkan tidak dengan memberikan bantuan modal.

“Benar saya hanya memberi motivasi, menyuntikan semangat pantang menyerah. Selain tentunya berbagai ilmu di Program Pahlawan ekonomi termasuk pengelolan keuangan ” ujar Risma .

Dalam melahirkan para Pahlawan Ekonomi, Risma menempa dengan kerja keras, agar mereka pantang menyerah dan tetap semangat. Jika mereka berpedoman pada bantuan modal usaha saja menurut Risma mereka tidak akan menjadi besar.

“Saya keras terhadap mereka dalam menggeluti usahanya. Kenapa demikian agar mereka tidak patah semangat tapi terus memacunya. Saya sampaikan juga bahwa jika mereka hanya mengharapkan bantuan modal maka mereka tidak akan bisa besar ” lanjut Risma.

Dengan keberhasilan Pahlawan Ekonomi, Risma akan mengembangkan di daerah lain. Karena rata-rata di seluruh wilayah di Indonesia punya potensi untuk bisa di tumbuhkan pengusaha sukses.

Namun memang perlu usaha keras dan sinergi dengan pihak lain. “Nanti saya akan ajak para pahlawan ekonomi untuk berbagi pengalaman dengan pelaku usaha di daerah lain agar mereka juga semangat untuk terlahir menjadi Pahlawan Ekonomi,” kata Mensos Risma.

Risma juga berpesan kepada Pemda agar juga bisa mendorong untuk lahirnya para Pahlawan Ekonomi. Sehingga mereka bisa membantu Pemda dalam pengentasan kemiskinan dan membuka lapangan kerja.(hm/r7)

Loading...

baca juga