D-ONENEWS.COM

Unair Lanjutkan Penelitian Vaksin Merah Putih, Diluncurkan Tahun Depan

Surabaya,(DOC) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tengah mempersiapkan penelitian tahap lanjutan untuk mengembangkan Vaksin Merah Putih.

Tahap lanjutan vaksin untuk mencegah Covid-19 itu, rencananya akan diluncurkan Senin(9/11/2020), bertepatan dengan Harlah Unair Surabaya.

Rektor Unair Surabaya, Prof. M Nasih, menyatakan, dalam tahap lanjutan tersebut, akan menentukan proses uji klinis pada manusia hingga proses produksi vaksin Merah Putih. Menurutnya, vaksin baru bisa digunakan sekitar Maret – April 2021 mendatang.

Selain membuat vaksin Merah Putih, Uniar juga tengah mengembangkan vaksin oral bersama Universitas Oxford Inggris. Pengembangan vaksin oral tersebut dikerjakan di Indonesia dan Inggris dengan menggunakan strain Indonesia.

“Launching vaksin Merah Putih dan oral ini bukan untuk langsung digunakan, namun untuk tahap uji klinis lanjutan dan mungkin kalau selesai ya tahun depan sekitar Maret atau April,” ungkap Prof. Nasih.

Ia menambahkan, vaksin buatan Unair ini, khasiatnya akan berbeda dengan vaksin Sinovac buatan China yang bersifat melemahkan dan menonaktifkan virus corona.

“Jika lancar dan launching ini termasuk ada kemajuan dari tahap penelitian,” katanya.(hadi)

Loading...

baca juga