D-ONENEWS.COM

Viral! Video Arahan Kapolres Malang ke Personilnya Sebelum Targedi Kanjuruhan

Malang,(DOC) – Tayangan video viral di dunia maya, mantan Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat, memberi arahan kepada personilnya sebelum di mulainya pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Video tersebut viral, karena intruksi Ferli kepada jajarannya, agar tidak melakukan tindakan kekerasan di dalam Stadion Kanjuruhan.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik membenarkan, jika video itu di rekam saat Ferli Hidayat memberikan arahan ke anggotanya di dalam tribun Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang. Sebelum laga krusial antara Singo Edan dan Bajol Ijo berlangsung.

“Benar, ada dua video yang beredar di media sosial. Video pertama saat Pak Kapolres memberikan arahan. Kira-kira arahan tersebut di lakukan pada Sabtu(1/10/2022), sekitar pukul 15.00 WIB,” ujar Taufik, Kamis (6/10/2022).

Di sini Taufik menjelaskan, jika memang Ferli Hidayat cukup dekat dengan suporter Aremania. Bahkan, Ferli kerap kali selalu mengajak para pentolan Korwil Aremania di beberapa kesempatan.

“Sering Pak Kapolres itu mengundang pentolan-pentolan Aremania. Bahkan Pak Ferli juga sering mengadakan Nobar (nonton bareng) dengan Aremania di Mapolres,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ferli Hidayat, yang saat itu masih menjabat Kapolres Malang juga menginisiasi pendirian patung Kepala Singa di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang. “Kebetulan juga, yang meresmikan Kapolres Firli juga,” ucapnya.

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik tersebut, Kapolres Ferli menyuruh para anggotanya untuk tidak melakukan aksi kekerasan, apabila nantinya terjadi keributan di dalam stadion.

Bahkan, dirinya melarang keras anggota kepolisian Polres Malang untuk membawa senjata api milik mereka.

“Rekan-rekan, yang pertama tolong tidak ada satu anggota yang membawa senjata api. Jadi kalau masih ada baik bintara senior ataupun perwira tolong segera dia mankan dahulu,” kata Ferli dalam tayangan video itu.

“Kedua, tolong tidak ada yang melakukan kekerasan yang sifatnya eksesif. Seperti apapun dinamikanya. Sesuaikan saja ancaman yang kita hadapi dengan penggunaan kekuatan yang kita miliki,” sambungnya.

“Yang ketiga. Saya minta bantuan perwira lakukan pengawasan dan pengendalian terhadap rekan-rekan anggotanya. Mohon sekali tidak ada yang memakan tulang,” lengkapnya.

Kemudian ada video Kapolres Malang yang kedua. Di abadikan sesaat pertandingan Arema FC dan Persebaya Surabaya akan di gelar. Pada video kedua, AKBP Ferli Hidayat tampak mengajak bicara dua suporter Aremania yang masih remaja.(ang)

Loading...

baca juga