D-ONENEWS.COM

Wabup Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Ketupat Semeru Bakal Dimulai 28 April

Lumajang,(DOC) – Dalam rangka kesiapan pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, jajaran Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang, menggelar Apel Operasi Ketupat Semeru tahun 2022. di Alun-Alun Lumajang, Jumat (22/4/2022).

Apel dipimpin Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati didampingi Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M. dan Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan S.I.K., M.H.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru tahun 2022 serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Polri tersebut bertemakan “Apel gelar pasukan operasi ketupat 2022, wujud sinergi Polri dengan instansi terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah Tahun 2022 di wilayah Kabupaten Lumajang”.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta Karo Karo, S.I.K., S.H., M.H., bahwa dalam pelaksanaan operasi Ketupat Semeru 2022 dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022.

“Operasi Ketupat ini akan dilaksanakan selama 12 hari, yakni dimulai 28 April sampai dengan 9 Mei 2022 nanti,” ungkapnya.

Bunda Indah juga mengungkapkan, berdasarkan arahan Kapolda Provinsi Jawa Timur, fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia, mulai mesjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasion kereta api dan bandara.

Lanjut dia, dalam pelaksanaannya, operasi ketupat akan melibakan 144.392 personil pengamanan gabungan yang terdiri 87.880 personel polri, 13.287 TNI serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dinas perhubungan, dinas kesehatan, pramuka, pemadam kebakaran dan instansi lainnya.

“Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengaman dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu,” jelasnya.

Selain itu, disampaikan Bunda Indah, bahwa khusus wilayah Polda se Jawa-Bali, Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) akan dilanjutkan kembali pasca operasi ketupat, yaitu pada 10 sampai 17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan COVID-19.

Menurutnya, berbagai permasalahan menjulang pada saat dan pasca Idulfitri harus diantisipasi, sehingga umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadhan dengn khusyuk dan puncaknya pada perayaan Idulfitri serta masyarakat yang mudik berjalan dengan lancar, aman dan sehat.

“Pelaksanaan pengamanan Idulfitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan pemerintah melalui Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegitaan Masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai 9 Mei 2022 nanti,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah juga mengapresiasi seluruh stakeholder, baik pemerintah, TNI maupun Polri serta instansi terkait yang turut menyukseskan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 di Kabupaten Lumajang.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu mewujudkan visi misi kita agar pelaksanaan hari raya Idulfitri dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkasnya.(Imam)

Loading...

baca juga