D-ONENEWS.COM

2 Minggu Terjebak Dikanal PLTU Paiton, Hiu Tutul Akhirnya Bebas

Foto ; Evakuasi Hiu Tutul di Kanal PLTU Paiton

Probolinggo,(DOC) – Seekor ikan hiu yang terjebak diarea Inlet Kanal PLTU Paiton Probolinggo selama beberapa hari, akhirnya berhasil di bebaskan, Kamis(19/9/2019).

Pembebasan ikan hiu yang memiliki panjang 4,5 meter tersebut, dibantu oleh personel Lanal Banyuwangi, Lantamal V,  Koarmada II dengan menggunakan rubber boat.

Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, menyatakan, evakuasi hiu bisa keluar kanal menuju laut lepas diperlukan metode khusus yakni rubber boat.

“Mengingat hiu ini merupakan jenis yang dilindungi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan awal kejadian hiu itu diketahui 29 Agustus 2019 lalu. Saat itu ada hiu tutul terlihat di Inlet dua. Namun selama dua minggu, hiu tersebut menghilang. Hanya saja, dalam beberapa hari terakhir, hiu itu muncul kembali.

“Tindakan yang diambil antara lain dengan cara menggunakan bambu yang dipakai mengarahkan hiu. Namun usaha tersebut tidak bisa berhasil,” jelasnya.

Ia menambahkan, cara pembebasan hiu memakai rubber boat, yakni dengan menggiringnya sampai masuk jaring khusus yang biasa digunakan oleh tim penyelamatan. Dalam jaring, hiu yang berada di inlet 2 PLTU kemudian diarahkan ke perairan laut terbuka hingga jarak 3 mil dari pantai, lalu jaring dilepas.

Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal memerintahkan Pasops Lanal Banyuwangi Kapten Laut (P) Agung Suhendro untuk bergerak bersama personel Posal Mayangan dan Paiton melakukan proses evakuasi.

“Dibutuhkan waktu yang cukup lama dengan persiapan yang matang dan juga teknik-teknik khusus,” tambahnya.

Akhirnya, tim evakuasi berhasil melepaskannya dari unit 5 PLTU Paiton. Hiu tersebut keluar dari area PLTU dalam kondisi selamat dan lepas kembali ke di perairan Paiton.(r7)

Loading...