D-ONENEWS.COM

8.317 Dosis vaksin Covid-19 Untuk Tenaga Kesehatan Jember

Jember, (DOC)- Pemerintah Kabupaten Jember akan menerima 8.317 dosis vaksin Covid-19. Vaksinasi tahap awal akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Jember. “Jumlah tenaga kesehatan di Jember sebanyak 8.317 orang berdasarkan data di Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK), sehingga mereka mendapatkan prioritas utama mendapatkan vaksin, ” kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jember Gatot Triyono di Jember, Sabtu (16/1/2021).

Menurunya, pihaknya belum mengetahui kapan akan diberikan vaksin untuk nakes. “Kami belum tahu kapan vaksin akan diberikan kepada 8 ribu kepada nakes, karena kita masih menunggu dari Pemprov Jatim,” ucap Gatot Triyono.

Ia mengatakan, untuk jumlah vaksin yang diterima oleh Pemrov Jawa Timur sebanyak 77.760 vaksin, kemudian akan didistribusikan ke semua daerah di provinsi setempat. “Sesuai arahan dari Pemprov Jatim prioritas utama adalah tenaga kesehatan, karena punya risiko tinggi tertular Virus Corona dari penanganan pasien Covid positif,” tutur Gatot.

Lebih lanjut, Gatot menambahkan, sambil menunggu vaksin covid-19, ratusan tenaga kesehatan juga diberikan pelatihan untuk persiapan vaksinasi di Jember secara daring.

Untuk tenaga kesehatan yang sudah dilatih vaksinasi pada tahun 2020 tercatat sebanyak 101 orang, terdiri dari tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas yang tersebar di 31 kecamatan. “Masing-masing puskesmas di 49 puskesmas yang mendapat pelatihan sebanyak dua orang yakni dokter dan koordinator imunisasi, sehingga bisa bidan atau perawat, namun khusus untuk Puskesmas Tanggul sebanyak tiga orang yakni dokter, perawat, dan bidan yang dilatih vaksinasi,” ujarnya.

Pelatihan vaksinasi juga akan berlanjut pada 7-9 Januari 2021 untuk 50 puskesmas di Jember dengan masing-masing puskesmas terdiri dari tiga orang yakni dokter, perawat, dan bidan. “Selanjutnya tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit daerah dan rumah sakit swasta seperti RSD dr Soebandi, RSD Kalisat, RSD Balung, RS Jember Klinik, RS DKT Jember, dan rumah sakit swasta lainnya,” katanya.(Imam/fr)

Loading...

baca juga