D-ONENEWS.COM

Gunung Semeru Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 KM

Lumajang,(DOC)-Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan guguran awan panas, Sabtu (16/1/2021) sekitar pukul 17.48 WIB.

Luncuran awan panas terjadi dengan jarak luncur 4,5 kilometer d engan jarak 4,5 KM mengarah arah tenggara atau kawasan curah kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. “Sekitar pukul 17.30 WIB mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 Km dan masih jauh dari pemukiman warga,” Ujar Kepala BPBD Lumajang Indra wibowo Leksana.

Saat ini Tim TRC BPBD Lumajang dan beberapa relawan meninjau lokasi. “Hingga saat ini masih belum ada evakuasi, karena tim masih bergerak untuk memantau situasi dilapangan,” tuturnya.

Sementara itu, informasi dihimpun terjadi hujan abu di wilayah Dusun Curah Koboan dan DusunKajar Kuning Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, wilayah Kec. Pasrujambe, wilayah Kec. Senduro.

Dari data pos pengamatan gunung api (PGA) Semeru periode 16 Januari pukul 16.00, Gunung Semeru mengeluarkan letusan 1 kali Amplitudo 16 mm, Durasi 60 detik dan Hembusan sebanyak 5 kali, Amplitudo 5-7 mm, Durasi 40-100 detik. Status gunung api tertinggi di pulau Jawa itu masih waspada level II. (Imam/fr)

Loading...

baca juga