D-ONENEWS.COM

9 Fraksi DPRD Jatim Disahkan, Ketua Mayoritas Politisi Senior

Surabaya, (DOC)- Pimpinan Sementara DPRD Jatim bergerak cepat. Seperti janjinya, Kamis (5/9/2019) sudah berhasil mengesahkan sembilan fraksi di DPRD Jawa Timur melalui rapat paripurna.

Dari sembilan fraksi tersebut, satu merupakan fraksi gabungan yang terdiri dari tiga partai, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Fraksi gabungan ini menggunakan nama Fraksi Keadilan Bintang Nurani (FKBN). Ketua Fraksi ditunjuk Arief Hari Setiawan dari PKS. Arief juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jatim.

Sedang delapan fraksi lainnya berdiri sendiri, masing-masing Fraksi PDI Perjuangan (FPDIP), Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB), Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Fraksi Nasdem, dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP).

Delapan fraksi ini mayoritas diketusi politisi senior. Seperti FPDIP masih diketua Sri Untari. FKB tetap dipimpin ketua fraksi periode sebelumnta, Anik Maslachah. FGolkar juga kembali dipimpin Sahat Tua Simanjuntak, Sekretaris DPD Golkar Jatim.

Demikian pula FPPP juga menunjuk kembali Musyaffa Noer sebagai Ketua Fraksi. Gerindra pun tetap mempertahankan Ketua Fraksi di periode sebelumnya, Ahmad Hadinuddin.

Kendati demikian, ada juga fraksi yang melakukan pergantian Ketua Fraksi.

Seperti FDemokrat yang kali ini dipimpin Sri Subiati, Bendahara DPD Demokrat Jatim. Sebelumnya, FDemokrat diketuai Agus Dono.

Rotasi juga dilakukan FPAN yang periode ini menunjuk A Basuki Babussalam sebagai Ketua Fraksi menggantikan Agus Maimun.

Foto: Fayzan Fuadi

Wakil Ketua Sementara DPRD Jatim Fauzan Fuadi mengatakan, setelah pengesahan fraksi dan ketua fraksi, pimpinan sementara akan menggelar rapat paripurna lagi untuk pengesahan Tata Tertib Dewan.

‘Kami berharap Senin pekan depan Tatib Dewan juga sudah bisa disahkan dalam rapat paripurna,” kata Fauzan Fuadi.

Setelah itu, dilanjutkan rapat paripurna berikutnya yang sudah diagendakan. Yang jelas, menurut Fauzan, sebelum akhir September semua tugas yang diberikan kepada pimpinan sementara sudah beres. Termasuk pengesahan Ketua DPRD Jatim periode 2019 -2024 yang definitif. (dar)

Loading...

baca juga