D-ONENEWS.COM

AKun WA Catut Nama Bupati Lumajang, Tipu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

Foto: khusnul Khotimah

Lumajang,(DOC) – Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yayasan Izzatul Jannah Desa Dawuhan Lor, Kecamatan sukodono mendatangi Mapolres Lumajang, Senin (17/7/2020).

Lembaga yayasan tersebut mengaku baru saja menjadi korban penipua seseorang yang mengaku sebagai Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Si penipu menghubungi korban melalui Whatsapp memerperkenalkan diri sebagai Bupati Lumajang. Si penipun tersebut pun menawarkan program bantuan untuk pesantren sebesar Rp 4,5 juta.

“Awalnya saya dapat WA dengan memakai foto Pak Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Saya pikir itu pak Bupati, terus meminta foto-foto kegiatan, setelah itu mengirim foro pak bupati yang pernah berkunjung ke tempat yasayan kami. setelah itu meminta nomer rekening,” ujar Khusnul khotimah Pengurus Yayasan Izzatul jannah.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian hingga Rp 7,5 juta serta pulsa sebesar Rp 200 ribu.

Namun tiba-tiba akun tersebut meminta dananya sebesar Rp 2 juta, supaya disalurkan ke sebuah yayasan yang sedang menanggung biaya perawat anak asuhnya.

Akun tersebut juga berjanji akan mengirimkan kembali dana donasinya. Hal ini dimaksudkan si penipu, mengganti dana yang sudah terkirimkan Yayasan Izzatul Jannah untuk biaya perawatan anak asuhnya.

“Kami tidak ada suudzon sama sekali. Tapi setelah kita dikirim bukti transferan melalui m-banking, terus saya kok disuruh kirim lagi ke anak asuh yang sakit di UGD. Karena naluri kami kan sosial kita kirim uang tunai,” ucapnya.

Namun, pihak Izzatul Jannah tak bisa melakukan pengecekan pengembalian dana donasi, karena rekening bukan atas nama pribadi seseorang.

“Itu dia kirim bukti transferan sampai Rp 13,5 juta tapi kami ngecek kan gak bisa, karena rekening lembaga dan itu hari Minggu,” jelasnya.

Modus penipuan ini pun terendus saat sore hari. Ketika itu, ada seseorang yang juga mengaku sebagai Bupati Lumajang meminta dana transferan.

“Sore hari tiba-tiba muncul WA dengan foto Pak Thoriq suruh transfer lagi ke rekening yang berbeda, itu kami mulai curiga,” ucapnya.

Mengetahui ada yang janggal, pada Senin (7/9/2020) kami melakukan pengecekan ke bank. Alhasil, rupanya pada Minggu (6/9/2020) tidak ada mutasi pengiriman dana ke rekening Lembaga Izzatul Jannah.

“Saya lapor karena satu menyangkut nama baik pak bupati, yang kedua yayasan kami. Takutnya yayasan lain merasakan hal yang sama seperti kami,” jelas Khusnul khotimah.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa SH SIK MIK mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat. Pihaknya menghimbau agar masyarakat jangan percaya dengan segala bentuk penipuan dengan modus meminta untuk mengirimkan sejumlah uang yang mengatasnamakan pejabat.

“Tolong agar melakukan Cross Check terhadap pejabat yang telah dijadikan referensi, guna klarifikasi atas kebenaran permintaan tersebut” tegasnya. (Imam)

Loading...

baca juga