D-ONENEWS.COM

Besok Minggu, Gubernur Khofifah Akan Panggil 3 Kepala Daerah Untuk Bahas PSBB “Surabaya Raya”

Surabaya,(DOC) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memanggil tiga kepala daerah untuk menentukan Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo atau Surabaya Raya.

Rencananya pemanggilan akan dilaksanakan pada Minggu(19/4/2020) besok, agar ketiga pemerintah daerah tersebut menyusun skema PSBB.

Menurut Gubernur Khofifah, data pasien positif Corona di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik memiliki jumlah tertinggi se Jawa Timur. Bahkan ketiga wilayah itu sudah masuk kategori KLB Covid-19.

“Grafis angka kenaikan jumlah pasien Covid-19 di Surabaya mencapai 270 orang. Ini merupakan angka tertinggi sepanjang wabah Covid-19 terjadi di Jawa Timur. Aturan Kemenkes Surabaya harus menerapkan PSBB,” ungkap Khofifah, Sabtu(18/4/2020).

Keputusan PSBB untuk Surabaya Raya, juga berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Perhimpunan Rumah Sakit se-Indonesia(PERSI) yang membahas soal penanganan pandemi Covid-19 di Jawa Timur.

PSBB tidak bisa dilakukan hanya di Surabaya saja, tapi juga harus diterapkan pada wilayah penyokongnya seperti Sidoarjo dan Gresik.

Gubernur Khofifah menjelaskan, kriteria penerapan PSBB berdasarkan Kemenkes nomer 9 tahun 2020, ketiga wilayah tersebut sudah memenuhinya. Bahkan diwilayah Surabaya mendapatkan nilai 10 angka.

“Di 31 kecamatan se Surabaya tercatat masing-masing terkonfirmasi positif. Sidoarjo ada 18 kecamatan dan 14 kecamatan diantaranya terkonfirmasi positif. Kemudian di Gresik ada 11 kecamatan yang terkonfirmasi, sehingga harus dilakukan PSBB,” pungkasnya.

Mengenai update data jumlah total pasien positif Covid-19 di Jawa Timur hingga Sabtu(18/4/2020), mengalami peningkatan sebanyak 555 orang.(div)

Loading...

baca juga