D-ONENEWS.COM

Destinasi Wisata Kalimas Dibuat Romantis

Surabaya,(DOC) – Dengan menggunakan perahu kecil, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama jajaran Pemkot Surabaya menyusuri sungai Kalimas dengan rute Monumen Kapal Selam (Monkasel)  – Taman Prestasi – Taman Ekspresi – Museum Pendidikan, Selasa (24/5/2022) malam.  Ia bernostalgia di masa kecil dengan mencoba wisata perahu air Kalimas.

Sepanjang perjalanan, Wali Kota Eri Cahyadi terus menyapa para anak-anak muda dan para pengunjung di kawasan wisata Monkasel, Skatepark, SWK Ketabang  SWK Taman Prestasi, Taman Ekspresi, hingga Museum Pendidikan. Bahkan, warga sangat antusias melihat Wali Kota Eri Cahyadi saat menikmati wisata masa lalu milik arek-arek Suroboyo.

Sesampainya di Taman Prestasi, Wali Kota Eri Cahyadi berkeliling sambil menyapa warga dan melakukan pengecekan sarana dan prasarana di kawasan wisata tersebut. Tak hanya disitu, pengecekan sarana dan prasarana juga dilakukan di Taman Ekspresi dan Museum Pendidikan Kota Surabaya.

“Mulai dari Monkasel sampai dengan Siola akan ada beberapa spot foto, seperti view patung Suroboyo dengan air mancur yang disorot oleh lampu. Setiap bawah jembatan juga akan dicat warna-warni,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Menurutnya, ketika para pengunjung menikmati wisata perahu air Kalimas dengan melintasi bawah jembatan akan mendapatkan kesan yang berbeda. Sebab, sepanjang sungai akan ditambah penerangan dengan lampion.

Selain itu, sepanjang taman yang masuk dalam rute wisata perahu air Kalimas juga akan ditambah dengan beberapa objek visual, mulai dari anak-anak muda yang bermain skateboard di Skatepark hingga menyaksikan pertunjukan dan pameran seni dari atas perahu.

“Ketika ada perahu melintas, pengunjung akan diberhentikan sejenak menikmati spot wisata sepanjang sungai Kalimas. Kita juga bisa melihat permainan lampu yang ada di sepanjang sungai ini, warga bisa bertamasya sampai pukul 22.00 WIB pada hari biasa dan akhir pekan sampai 23.00 WIB. Serta ada beberapa SWK juga kita perbaiki untuk menghadap ke tempat wisata perahu tadi,” katanya.

Karena itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengaku bahwa wisata perahu air Kalimas direncanakan sudah bisa dinikmati oleh warga Kota Pahlawan pada 27 Mei 2022 mendatang. Dengan demikian, masyarakat Indonesia khususnya Kota Surabaya tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati wisata perahu air.

“Hampir sama seperti Thailand, Singapore, dan Venesia. Tapi kita buat dengan ciri khas Surabaya, dimana Kalimas ini bisa sebagai destinasi wisata dan transportasi air, jadi tidak perlu ke luar negeri, cukup ke Surabaya,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan wisata perahu air Kalimas ini, Pemkot Surabaya juga didukung oleh DPRD Kota Surabaya dan seluruh stakeholder. Karena, armada seperti perahu juga akan dan durasi waktu wisata juga akan ditambah. Kini pihaknya tengah menghitung durasi waktu wisata untuk setiap rute pemberangkatan perahu air.

“Warga Surabaya jika ingin berwisata bisa memanfaatkan wisata heritage, seperti sungai Kalimas ini. Nanti insya allah bulan depan saya akan konsentrasi pada destinasi wisata heritage lainnya,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga