Dihantam Kapal Tongkang, Jembatan Ogan Ditutup

Tidak ada komentar 101 views

Palembang (DOC) – Jembatan Ogan yang menghubungkan Stasiun Kertapatih dan Palembang dihantam sebuah kapal tongkang. Akibatnya, tiang jembatan remuk dan posisinya mengalami pergeseran sekitar 2 sentimeter. Kondisi ini membuat Jembatan Ogan ditutup untuk umum.

“Tiang jembatan ditabrak kemarin sore sekitar pukul 16.30 WIB oleh tongkang dari arah Kramasan menuju Jembatan Musi II. Jembatan itu sekarang sudah ditutup sejak malam tadi, kendaraan roda empat nggak boleh melintas,” kata Andika Pratama, salah seorang warga, Kamis (7/6/2018).

Andika menambahkan, penutupan Jembatan Ogan dilakukan setelah balai jalan nasional dan polisi datang memastikan kondisi jembatan pascaditabrak. Bahkan terlihat jelas tiang jembatan yang remuk.

“Kelihatan jelas itu yang bekas ditabrak tongkang, bagian tiang retak. Mungkin itu alasan kenapa lalu lintas di atasnya ditutup, hanya motor saja yang boleh melintas,” imbuh Andika.

Sementara PPK Jembatan Metropolitan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V, Suwarno menyebut pihaknya sudah melihat kondisi tiang jembatan.

“Kami sudah cek, sementara jembatan kamu tutup karena masih diperiksa sejauh mana kerusakan akibat benturan tersebut. Saya sudah laporkan insiden ini ke Polairud dan kapten kapal langsung diperiksa, belum tahu dari perusahaan apa,” kata Suwarno.

“Kondisi dudukan jembatan terlihat ada retak terkena benturan. Pagi ini kami cek lagi secara detailnya apakah berbahaya atau tidak untuk digunakan,” katanya.

Sebelum melakukan pengecekan, BBPJN bersama polisi memutuskan sementara menutup akses jembatan. Kendaraan yang melintas dialihkan ke jembatan yang ada disebelahnya dengan sistem buka tutup.(dtc/ziz)