D-ONENEWS.COM

Gandeng Yayasan Masjid Al Falah, Niat Wali Kota Mengentas Kemiskinan lewat Zakat

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tak henti-hentinya menyerukan kewajiban zakat bagi umat muslim, terutama yang ada di Kota Pahlawan. Seperti yang Wali Kota Eri Cahyadi sampaikan setelah salat Jumat di masjid Al Falah, Jalan Raya Darmo No.137 A, Kecamatan Wonokromo, Jumat (22/4/2022).

Wali Kota Eri Cahyadi juga menyampaikan kepada para jemaah masjid Al Falah mengenai pentingnya  zakat bagi umat muslim, ia yakin dengan zakat maka tidak ada lagi warga miskin bahkan orang yang kesusahan di Kota Pahlawan.

Ia yakin, bersama yayasan, takmir dan seluruh jemaah masjid Al Falah bisa saling bergotong royong membangun dalam mengentaskan kemiskinan selama pengelolaan zakat dan keuangan masjidnya benar. “Insyaallah, ketika zakat dan pendapatan masjid itu dikelola dengan benar dan profesional untuk kepentingan umat, maka kota ini akan menjadi baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota yang akrab disapa Cak Eri itu juga tak ingin umat muslim di Surabaya terpecah belah, maka dari itu dalam membangun sebuah kota ia meminta kepada seluruh umat muslim Kota Pahlawan bersatu padu dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran melalui berzakat.

“Jangan sampai nanti ada infaq atau sodaqoh yang masuk itu hanya disimpan, tetapi ayo kita habiskan, kita salurkan untuk kepentingan umat. Maka dari itu, warga akan menilai kebaikan takmirnya masjidnya, ternyata infaq itu tersalurkan dengan baik ke masyarakat. Dengan zakat, kekuatan umat muslim di Surabaya pasti menjadi luar biasa, jangan ada perbedaan NU dan Muhammadiyah,” kata Cak Eri.

Dalam membangun kebersamaan antar umat beragama, Cak Eri juga bercerita kepada para pengurus masjid Al Falah, bahwa ia juga menggandeng beberapa gereja dalam mengentaskan kemiskinan di Surabaya melalui zakat. Ketika ada umat kristen yang berzakat, maka akan disalurkan langsung oleh masing-masing gereja kepada umat kristiani yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Al Falah Dwi Andi Handayana Rusman mengaku senang bisa bertemu dan berdiskusi langsung bersama Wali Kota Eri Cahyadi mengenai kepentingan umat di Surabaya. Andi Rusman menilai Wali Kota Eri Cahyadi juga sejalan dengan visi dan misi masjid Al Falah.

“Tadi disampaikan oleh Pak Wali bagaimana membangun kebersamaan antar umat, itu menjadi poin penting yang ternyata sama dengan masjid Al Falah,” kata Rusman.

Rusma mengatakan, masjid Al Falah merupakan tempat ibadahnya seluruh umat muslim, tetapi bukan untuk golongan umat tertentu. Hal ini sejalan dengan tujuan Wali Kota Eri Cahyadi untuk kepentingan umat dan mengentaskan kemiskinan, melalui zakat. “Melalui masjid kita akan menjaga kebersamaan, bagaimana ke depannya kita membawakan konten dakwah yang menyejukkan untuk menyatukan umat muslim di Surabaya,” ujarnya.

Pada intinya, ia sangat mendukung kebijakan-kebijakan yang diinisiasi oleh Wali Kota Eri Cahyadi selama kebijakan itu untuk kepentingan umat di Kota Surabaya. “Tentu, kami dari masjid Al Falah mensupport Pak Wali dan kami mendukung koloborasi ini,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga