Gelontoran Dana Desa Diperbesar Hingga Rp 80 Triliun

Tidak ada komentar 59 views

Ilustrasi alokasi dana desa.

Banyuwangi (DOC) – Pemerintah memastikan memperbesar gelontoran dana desa tahun 2019 mendatang. Jumlahnya mencapai Rp 80 triliun.

Pada tahun pertama dana desa mencapai Rp 20,67 triliun dengan dana yang terserap 82 persen. Sementara pada tahun kedua, dana desa ditingkatkan dua kali lipat yaitu Rp 46,98 triliun dengan penyerapan 97 persen. Sedangkan tahun ketiga dana desa sebesar Rp 60 triliun dengan target serapan 99 persen.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menuturkan, penambahan dana desa merupakan komitmen dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun desa.

“Tahun depan tiap desa akan mendapatkan Rp 1 miliar-Rp 4 miliar. Namun ini akan disesuaikan dengan serapan masing-masing desa,” kata Eko saat berkunjung ke Banyuwangi kemarin.

Menurut dia, dengan dana desa, hingga saat ini sudah terbangun 120.000 kilometer jalan desa, kemudian ada puluhan ribu PAUD dan poskesdes didirikan, drainase, posyandu serta 102.000 MCK di bangun di desa-desa.

“Presiden Bank Dunia minggu lalu mengapresiasi proses model pembangunan desa dengan dana desa dan model ini akan menjadi percontohan di negara lain,” jelasnya.

Mendes PDDT meminta pihak desa untuk fokus menggunakan dana desa tahun depan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa seperti membangun desa-desa wisata dan juga membuat bank sampah.

“Sehingga masyarakat desa bisa lebih mandiri. Sekarang banyak bank-bank sampah yang dikelola dan menghasilkan keuntungan besar bahkan lebih besar dari dana desa yang digunakan,” pungkasnya.(kcm/ziz)