D-ONENEWS.COM

Gibran Tanam Pohon Bersama Rotary Solo, Ajak Warga Hijaukan Solo

Gibran tanam pohonSolo,(DOC) – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, menanam pohon hias pucuk merah bersama para pengurus Rotary Club Solo, di Tugu Jam Pasar Gede Surakarta, Selasa(24/8/2021).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan penanaman pohon untuk penghijauan disepanjang Koridor Jendral Sudirman.

Mas Wali sapaan akrab Gibran Rakabuming mengajak, seluruh warga Kota Surakarta untuk kembali melestarikam penghijauan. “Dari dulu Ruang Terbuka Hijau Kota Solo sangat kurang sekali. Kita kejar lagi biar Solo hijau lagi. KTP pohon, Hutan Dalam Kota dan konsep penghijauan Kota Solo ada semua di Bale Kambang,” kata Gibran disela acara tersebut.

Pengurus Rotary Solo yang diwakili District Governor Rotary District 3420, Cindy Bachtiar menyatakan, penanaman pohon ini, masih rangkaian peringatan HUT  Kemerdekaan RI ke-76.

Rotary Solo bersama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Surakarta kembali melanjutkan program “Hijau Soloku, Asri Kotaku”.

Bentuk dukungan penghijauan berupa pemberian pot dan tanaman di sepanjang Tugu Jam Pasar Gede sampai ujung Jembatan Pasar Gede sejumlah 40 buah pot.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Cindy Bachtiar Dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Surakarta, Nugroho Joko P kepada Pemerintah Kota Surakarta yang diterima langsung oleh Walikota, Gibran Rakabuming Raka.

Prosesi penyerahan pot beserta tanaman dilaksanakan secara langsung di Tugu Pasar Gede.

“Program kami merupakan lanjutan dari sebelumnya, Rotary Solo Area bersama dengan Bank Indonesia telah menghijaukan sepanjang jalan Jendral Sudirman (Bundaran Gladag hingga Tugu Pemandengan),” terang Cindy.

Penghijauan ini merupakan Program Sosial Bank Indonesia & bentuk kepedulian Rotary untuk membuat Kota Solo menjadi lebih asri & hijau sehingga impian “Hijau Soloku, Asri Kotaku” akan segera terwujud.

Kelurahan Karangasem Dicanangkan Sebagai Kampoeng Buah

Selain penanaman pohon hias, Wali Kota Gibran bersama para pengurus Rotary Solo mencanangkan Kelurahan Karangasem sebagai Kampoeng Buah.

“Pencanangan ini bertujuan untuk mendukung penghijauan Kota Surakarta,” kata Wali Kota Gibran.

Diketahui bahwa bantuan dari Rotary Solo dan Bank Indonesia Surakarta yakni berupa 4.000 bibit buah dari BPDASHL Solo dan 76 pohon dari PP Haryadi dan 17 ditambah 8 dari PP Gareng.

Arti dari jumlah tanaman ini adalah HUT RI ke-76.

Kurang lebih sembilan(9) RW di Kelurahan Karangasem menerima bibit tanaman jenis jambu air, jambu Kristal, alpukat, nangka, jambu mete, sirsak, matoa, sawo manica, mangga. Wali Kota Gibran dikesempatan itu juga menanam sendiri bibit tanaman belimbing dan kelengkeng merah.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan untuk menghijaukan Indonesia terutama Kota Surakarta sehingga bisa ditanam di rumah masyarakat demi kelangsungan hidup anak cucu kita,” kata Gibran lagi.(jj/r7)

Loading...

baca juga