D-ONENEWS.COM

Gubernur Khofifah Apresiasi Layanan Rapid Test dan Swab PCR di Pusat Perbelanjaan

Surabaya,(DOC) – Layanan Rapid Test dan Swab PCR di Surabaya kini kian banyak dihadirkan oleh pemerintah daerah mulai tingkat kota dan provinsi Jawa Timur.

Usai Pemerintah Kota (Pemkot) membuka Laboratorium Kesehatan Daerah(Labkesda) yang memberikan layanan Rapid Test dan Swab PCR Covid-19 secara gratis bagi warga ber KTP Surabaya, kali ini layanan tersebut juga dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur disalah satu pusat perbelanjaan atau mall, yaitu di Maspion Square, Jalan A. Yani.

Layanan ini merupakan hasil sinergi antara RS Sheila Medika, PT. Satu Laboratorium Utama dan PT. Maspion Group yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

Rapid Test dan Swab PCR di pusat perbelanjaan ini hampir sama dengan layanan di Labkesda Surabaya, seperti hasilnya bisa diketahui secara cepat,yakni 15 menit untuk hasil Rapid Test dan 5-24 jam untuk hasil Swab Test PCR. Perbedaannya cuma pada biaya yang akan dikenakan bagi setiap warga yang menjalani layanan Rapid Test dan Swab PCR di Maspion Square Surabaya.

Di Labkesda, warga ber-KTP luar kota Surabaya dikenai biaya Rp 120 ribu untuk Swab test PCR dan warga Surabaya bisa mendapatkan secara gratis. Sementara layanan di pusat perbelanjaan, warga Jawa Timur dikenai biaya sebesar Rp 90 ribu untuk Rapid Test dan Rp 900 ribu untuk Swab test PCR.

Namun meski begitu, Gubernur Jawa Timur sangat mengapresiasi keberadaan Rapid Test dan Swab PCR di pusat perbelanjaan ini, guna mendukung percepatan screening dan tracing Covid-19. “Ini adalah sinergitas antara layanan testing covid-19 dengan pergerakan ekonomi.  Sinergi ini tentu semuanya berseiring dengan keinginan memberikan layanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Jatim seiring dengan pergerakan ekonomi yang harus terus didorong,” ungkap Khofifah saat peresmian, Selasa(20/10/2020) lalu.

Gubernur Khofifah juga menganggap bahwa layanan Rapid Test dan Swab PCR ini, juga akan menjadi penguatan dan energi baru bagi masyarakat Jawa Timur untuk mendapatkan layanan kesehatan lebih cepat dan mudah dijangkau.

“Ini salah satu upaya memberikan layanan kesehatan ke masyarakat yang bermanfaat apabila disampaikan ke publik, tempatnya sangat mudah diakses dan srategis sekali. Siapa saja yang sedang di Surabaya, di Jatim dapat mudah mengaksesnya dalam suasana lebih santai,” pungkas Mantan Menteri Sosial (Mensos) ini.

Dalam sehari RS Sheila Medika bisa memberikan minimal 100 layanan Rapid Test dan Swab test PCR Covid-19.(fadiv)

Loading...

baca juga