D-ONENEWS.COM

Hutan Gunung Bancak Magetan Terbakar 4 Hektar

Magetan (DOC) – Kawasan hutan Gunung Bancak, Kabupaten Magetan terbakar seluas 4 hektar. Kebakaran dipicu kekeringan dan terik matahari yang menyengat.

“Titik api di Gunung Bancak kemungkinan api berasal dari arah barat Desa Banjarpanjang. Yang terbakar daun kering dan ranting,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Senin (15/10/2018).

Fery mengungkapkan, kobaran api diketahui warga pada Minggu (14/10/2018) sekira pukul 18:30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran hutan dan lahan milik warga twrsebut, namun kebakaran membuat api menghanguskan lebih dari 4 hektar lahan hutan dan kebun warga.

BPBD Kabupaten Magetan dibantu oleh TNI dan Polri serta relawan dan warga berhasil memadamkan api sekitar pukul 22:00 WIB.

“Penanganan api diutamakan didekat pemukiman sudah berangsur padam. Tim melanjutkan pembuatan ilaran dan ring bakar sehingga kobaran api tidak menyebar,” imbuh Fery.

Selain lebakaran hutan dan kebun warga, kekeringan di Kabupaten Magetan juga membuat 2 desa di 2 kecamatan mengalami kesulitan air bersih.

Untuk menanggulangi kesulitan warga akan air bersih, BPBD Kabupaten Magetan menyalurkan air bersih sebanyak 36.000 liter ke 2 desa tersebut.

Untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan, BPBD juga memghimbau warga dan pendaki Gunung Lawu untuk tidak membajakar lahan dan membuat perapian ketika mendaki.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga