D-ONENEWS.COM

Jadwal Perjalanan KA Terganggu, Akibat Insiden Tabrakan di Pasuruan

Jadwal Perjalanan KA Terganggu, Akibat Insiden Tabrakan di Pasuruan. empat orang tewasJember,(DOC) – Insiden mobil tertabrak kereta api(KA) di pelintasan KA Desa Pateguran, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan terjadi Selasa(7/5/2024) pagi, membuat sejumlah jadwal perjalanan KA untuk keberangkatan dan kedatangan mengalami keterlambatan.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro menyampaikan permohonan maaf atas tertunda kedatangan KA Pandalungan tujuan Jember.

“Keterlambatan kedatangan KA Pandalungan karena pukul 08.38 WIB, KA Pandalungan di temper kendaraan di JPL 146 kilometer 70+8/9. Tepatnya di Desa Patuguran, Kec. Rejoso, berada di petak jalan antara Stasiun Pasuruan – Stasiun Rejoso,” ujar Cahyo.

Tabrakan mobil dengan  KA Pandalungan dari Jakarta tujuan Jember di Pasuruan, membuat lokomotif KA Pandalungan mengalami kerusakan dan tak bisa melanjutkan perjalanan.

“Untuk mengurangi dampak kelambatan, kami telah menyiapkan lokomotif penolong dari Stasiun Jember. Sebagai pengganti lokomotif yang mengalami gangguan,” terang dia.

Jadwal perjalanan KA Logawa dari Jember tujuan Purwokerto mengalami gangguan akibat kecelakaan KA Pandalungan.

KA Pandalungan Melanjutkan Perjalanan Usai Evakuasi

Cahyo Widiantoro menambahkan, sekitar pukul 09.59 WIB evakuasi mobil telah selesai dengan  memindahnya dari jalur KA.

Lokomotif penolong dari Jember berangkat memberikan pertolongan pada pukul 10.08 WIB dan KA Pandalungan berangkat dari lokasi usai perbaikan tim teknisi. “Atas kejadian ini, KAI Daop 9 Jember akan melakukan proses hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegas Cahyo.

Ia pun mengimbau kepada para pengendara yang hendak melintasi perlintasan KA, untuk selalu berhati-hati. Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114. Pengguna jalan wajib mendahulukan KA dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

“Jangan menyelonong. Pastikan aman saat hendak melintasi rel KA dengan berhenti sejenak. Tengok kanan – kiri dan memastikan tidak ada KA yang mendekat. Jangan gegabah, keluarga menungu di rumah,” tutupnya.

Peristiwa itu menimbukan 4 korban jiwa yang meninggal. Rinciannya tiga orang tewas di lokasi kejadian dan seorang lagi meninggal di rumah sakit. Para korban tersebut merupakan keluarga besar Pondok Pesantren(Ponpes) Sidogiri.(mam/r7)

Empat korban meninggal akibat kecelakaan KA Pandalungan di Pasuruan: 

  1. Hj Munjiyah binti KH Noerhasan bin Nawawie dari Ponpes Sidogiri
  2. Ning Maslahah binti Tohir (Sidogiri),
  3. Ning Aidah binti Mahfud (Gayam)
  4. Ning Alwiyah binti Ali (Kepuh, Kejayan. (Imam)
Loading...

baca juga