Kadispenduk; Wali Kota Beri Saran Agar Layanan E-KTP Lebih Baik Lagi

Surabaya,(DOC) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadispenduk Capil) kota Surabaya, Suharto Wardoyo, tak menganggap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memarahinya soal berbelitnya pelayanan permohonan E-KTP di mall pelayana Siola.

Menurut Anang, sapaan akrab Suhartoyo Wardoyo, Wali kota hanya melakukan pengecekan ke pelayanan E-KTP di kantor Dispendukcapil Gedung Siola, Kamis(18/10/2018).

Bahkan, menurut dia, Wali Kota Risma yang sempat memantau alur birokrasi permohonan E-KTP, hanya berkomunikasi dengan beberapa petinggi dan tim IT Dispendukcapil untuk melakukan penyempurnaan sistem layanan pengajuan E-KTP.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Risma secara singkat meminta agar alur permohonan E-KTP disempurnakan. Artinya, apabila print ready record (PRR) belum siap, pemohon bisa menuju zona biometrik untuk mendapat pemutakhiran data seperti sidik jari, retina, dan layanan lain.

“Alur ini, bisa mempercepat permohonan E-KTP dan tidak membuat warga mondar-mandir,” terangnya.

Anang  menambahkan, pada alur pengajuan E-KTP sebelumnya, pemohon terlebih dahulu ke pusat informasi membawa print ready record (PRR) yang mana harus benar-benar siap cetak agar pemohon bisa menuju zona cetak.

Namun, kata Dia, di zona cetak ada beberapa berkas pemohon yang belum ter-input akibat minimya perangkat. Data yang belum ter-input ini, pemohon diarahkan ke zona biometrik untuk perbaikan data.

“Langsung kami tambah dua unit komputer untuk mempercepat input data pemohon E-KTP,” terangnya.

Menurutnya, masukan yang disampaikan Wali Kota Risma sangat membantu bahkan menyempurnakan sistem pengajuan E-KTP.

“Sangat baik agar pelayanan kami kepada warga lebih efisien dan dinamis,” pungkas Anang.(hm/r7)