D-ONENEWS.COM

Maju Cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka Dapat Dukungan dan Restu Ayahanda

Surabaya, (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dukungannya terhadap putra sulungnya, Gibran Rakabumimg Raka, yang akan maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo pada Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres). Pengakuan ini disampaikan oleh Jokowi saat menghadiri acara Hari Santri di Tugu Pahlawan, Surabaya, pada Minggu (22/10/2023).

“Saya sebagai orang tua hanya memiliki tugas mendoakan dan memberikan restu,” kata Jokowi kepada wartawan di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Jokowi menekankan bahwa sebagai orang tua, ia tidak campur tangan dalam keputusan anak-anaknya, termasuk keputusan Gibran untuk mencalonkan diri sebagai Cawapres.

“Dia kan juga sudah dewasa, dan kita sebaiknya tidak terlalu banyak campur dalam keputusan anak-anak kita,” ujarnya.

Meskipun demikian, Jokowi secara tegas menyatakan dukungannya terhadap semua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berpartisipasi dalam kontestasi Pilpres 2024. Ia menyebut beberapa pasangan calon yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya mendukung semua demi kebaikan negara ini, termasuk Anies dan Muhaimin, Ganjar dan Mahfud, serta Prabowo,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi tidak secara khusus menyebutkan bahwa Gibran akan berpasangan dengan Prabowo. Ia menyerahkan sepenuhnya urusan terkait calon presiden dan wakil presiden kepada partai politik.

“Mengenai Gibran, Anda bisa bertanya kepada partai politik. Itu adalah wilayah partai politik, gabungan partai politik, dan bukan urusan presiden,” tegasnya.

Sebagai informasi, Gibran memiliki peluang besar untuk maju dalam Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi membuat perubahan aturan terkait syarat calon presiden dan wakil presiden.

Aturan baru ini mengizinkan calon yang berusia di bawah 40 tahun, asalkan mereka pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah. Gibran, yang baru berusia 36 tahun, memenuhi syarat ini karena ia telah menjabat sebagai Wali Kota Solo sejak tahun 2020.

Selain itu, Partai Golkar dan Partai Gelora baru-baru ini mendeklarasikan Gibran sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto, yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). Gibran adalah salah satu tokoh muda yang potensial dalam dunia politik Indonesia dan telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. (r6)

Loading...

baca juga