D-ONENEWS.COM

Malam Tahun Baru 2022, Wali Kota Eri Bersama Forkopimda Surabaya Pantau Pusat Perbelanjaan

Surabaya, (DOC) – Jelang malam pergantian tahun baru 2022, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya memperketat pengawasan disiplin protokol kesehatan (prokes) masyarakat. Pengawasan tersebut dilakukan melalui operasi prokes di pusat perbelanjaan hingga beberapa lokasi yang berpotensi terjadi keramaian.

Seperti di antaranya yang berlangsung pada Jumat (31/12/2021) malam, Forkopimda Surabaya melakukan pemantauan langsung di sejumlah pusat perbelanjaan. Adapun dua lokasi pusat perbelanjaan yang dikunjungi, yakni Galaxy Mall dan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya.

Di kedua pusat perbelanjaan yang dikunjungi tersebut, Forkopimda Surabaya tampak berkeliling meninjau penerapan prokes di stand-stand. Termasuk memastikan tidak adanya kerumunan pengunjung dan operasional mall tutup pada pukul 21.00 WIB.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, hasil pantauan malam tahun baru di dua pusat perbelanjaan kondisinya relatif landai. Meski sebelumnya pihaknya sempat mengira mall akan mengalami kenaikan jumlah pengunjung saat adanya imbauan larangan ke luar rumah ketika malam tahun baru. “Ternyata dari dua mall yang kita pantau hari ini, jumlahnya (pengunjung) landai dan sedikit. Berarti, Alhamdulillah imbauan yang dilakukan oleh Forkopimda Surabaya itu ternyata membuahkan hasil,” kata Wali Kota Eri seusai melakukan tinjauan di pusat perbelanjaan.

Tak hanya melakukan pengawasan di pusat perbelanjaan, Wali Kota Eri juga memastikan, pihaknya bersama jajaran Kepolisian dan TNI tetap melakukan pemantauan saat tengah malam di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi keramaian.

“Insya Allah Pak Kapolres menyampaikan nanti dipastikan jam 01.00 WIB kita akan melihat lagi. Tapi pantauan di mall, Alhamdulillah yang kita perkirakan membludak ternyata tidak. Ternyata warga Surabaya sudah menjaga kotanya, biar tidak terjangkit Covid-19 yang menakutkan, semua sudah menjaga kota masing-masing,” ujarnya

Dari hasil tinjauannya itu, Wali Kota Eri juga mengungkapkan, bahwa manajemen pusat perbelanjaan juga sepakat untuk menutup operasional mall pada pukul 21.00 WIB. Bahkan, apabila masih ada aktivitas orang di dalam mall, pihak manajemen tak segan untuk mematikan lampu. “Tadi disampaikan manajemen, jam 21.00 WIB sudah tutup, kalau ada orang di dalam, lampu dimatikan. Jadi semua mall sudah komitmen menutup,” jelas dia.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menambahkan, bahwa situasi malam tahun baru di Kota Surabaya relatif landai. Masyarakat pun tampak disiplin tidak mengadakan konvoi kendaraan sesuai imbauan pemerintah. “Intinya semuanya cukup landai, karena ketaatan masyarakat,” pungkasnya. (hm/fr)

Loading...

baca juga