D-ONENEWS.COM

Pemkot Diminta Telusuri Izin Operasinonal RHU Berkedok Restoran

Surabaya (DOC) – Pemberlakuan pembatasankegiatan masyarakat (PPKM), anggota komisiA bidang pemerintahan, Arif Fathony mnghimbau Pemkot Surabaya agar lebih aktif serta teliti dalam melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat. Khususnya di rumah hiburan umum yang berkedok sebagai restoran.

Arif Fathony mengatakan peraturan dalam perwali 67 tahun 2020 dan perubahan perwali 67 nomor 2 tahun 2021 bertulisakan masih dilarang RHU (Rumah Hiburan Umum) untuk beroperasi. “Tadi malam salah satu kolega mendatangi tempat hiburan di tengah kota dan menimbulkan kerumunan yang luar biasa,” ujarnya, Selasa (12/11/2021).

Arif juga mengaku beberapa waktu yang lalu RHU sudah didatangi Satpol pp, tetapi ada beberapa masih nekat beroperasi. “Kalau Perwali tidak memperbolehkan, sebaiknya harus diawasi dengan baik. Tidak boleh tempat lain tutup, tetapi masih ada yang kecolongan masih buka. Apalagi Pemerintah Pusat sudah menetapkan keputusan untuk melakukan pembatasan masyarakat,” jelasnya.

Arif berharap anggota Satpol PP bisa rutin melakukan pengawasan peraturan yang sudah ditetapkan.  “Disetiap daerah kan ada tim pengawasnya, lebih baik itu menjadi satu badan dalam melakukan pengawasan secara teliti, apakah itu izinnya memang restoran, apakah RHU yang berkedok restoran,” katanya.

Arif mengatakan akhir-akhir ini banyak ditemukan RHU yang mengelabui petugas dalam melakukan pemantauan, seperti salah satu foto dokument istimewa, salah satu restoran dikawas Taman Apsari Surabaya, yang didalamnya justru beroperasi layaknya RHU. “Kalau dibuka ya dibuka semua, tutup satu ya tutup semua. Toh, ini tidak berlangsung selamanya, kita akan selalu melihat perkembangan dalam naik atau turunnya pengidap Covid-19 ini,” tukasnya. (fadiv/fira)

 

Loading...

baca juga