D-ONENEWS.COM

Pemprov Jatim Anggap Mobil PCR Bantuan BNPB Untuk Jawa Timur

Foto: Subhan Wahyudiono

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Koordinator Rumpun Tugas Logistik Percepatan Penanganan Covid-19, Subhan Wahyudiono, menyatakan, bahwa dua unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction(PCR) bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPB) bukan dikhususkan untuk kota Surabaya, namun untuk seluruh wilayah di Jawa Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan, menanggapi reaksi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkait bantuan mobil lab PCR dari BNPB untuk penanganan pasien Covid-19 untuk Surabaya.

Menurut Subhan, kebetulan jumlah kasus Covid-19 di Jawa Timur terbanyak kedua setelah DKI Jakarta, sehingga BNPB memberikan dua unit bantuan mobil lab PCR.

“Kedua mobil lab itu, sejak tiba di Jatim pada tanggal 27 Mei lalu, langsung digunakan untuk melakukan test swab pasien Covid-19,” kata Subhan digedung Grahadi, Jumat(29/5/2020).

Ia menjelaskan, pada tanggal 27 Mei,

mobil lab itu berada di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dan Asrama Haji Surabaya. Kemudian pada tanggal 28 Mei digunakan di Sidoarjo yang juga memiliki jumlah kasus Covid-19 tinggi.

“Hari ini, Jumat(29/5/2020), mobil lab kita kirim ke Tulungagung dan Lamongan untuk melakukan swab test pasien dalam pengawasan(PDP). Jumlah PDP di Tulungagung tertinggi kedua se Jawa Timur,” tambahnya.

Subhan membenarkan, jika Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pada tanggal 22 Mei telah berkirim surat permohonan soal bantuan mobil lab PCR untuk men swab test. Namun saat itu, mobil lab PCR belum dikirim, sehingga surat permohonan itu belum sempat dibalas.

“Surat Wali Kota Surabaya itu memang belum di jawab sampai sekarang, karena mobil sedang dikirim ke Lamongan dan Tulungagung. Jadi pemakaian mobil lab PCR itu sudah terjadwal,” kata Subhan.

Sebelumnya Wali Kota Tri Rismaharini nampak geram ketika mobil lab PCR yang seyogyanya di gunakan untuk men swab test sejumlah warga Surabaya, di alihkan ke tempat lain.

Padahal pasien sudah menunggu mobil lab itu datang melakukan swab test Covid-19.

“Dinkes sudah mengumpulkan pasien. Eh mobilnya tidak datang,” kata Wali kota Risma di Balai Kota Surabaya.

Wali Kota Risma sempat memperlihatkan bukti chat Whatsapp dengan Kepala BNPB pusat, soal bantuan dua unit mobil lab PCR yang memang diprioritaskan untuk Surabaya.(div)

Loading...

baca juga