D-ONENEWS.COM

PESAN KETUA KPU JATIM: TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILU 2019

Ketua KPU Jatim Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Acara

 

Magetan, kpujatim.go.id – Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat partisipasi masyarakat harus terus ditingkatkan. Adapun peningkatan partisipasi pemilih tersebut, bisa dilakukan dengan model sosialisasi yang baru dan juga harus didukung oleh rapinya data pemilih.

Demikian disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito saat membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Kampanye Pemilu 2019 dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kursus Kepemiliuan KPU Kabupaten/Kota, Rabu (26/9) di Harmadha Joglo, Kabupaten Magetan.

Acara yang digelar oleh Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim tersebut, dihadiri oleh komisioner dan operator Siparmas KPU Kabupate/Kota se-Jawa Timur. Beberapa komisioner KPU Provinsi Jawa Timur juga hadir, seperti Choirul Aman (Divisi Perencanaan dan Data), Muhammad Arbayanto (Divisi Teknis) dan Rochani.

Pria yang akrab dipanggil Eko ini menjelaskan, KPU Provinsi Jawa Timur sudah terlihat prestasianya. Dia menyebutkan, prestasi bisa dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam Pileg 2014 mencapai 74%, Pilpres 2014 mendapat 71%, Pilgub 2013 sampai 59,8% dan terakhir dalam Pilgub 2018 sudah tembus 67,9%.

“Ini sebuah prestasi, meskipun ada penilaian peningkatan partisipasi tidak seiring dengan model sosialisasi yang KPU lakukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam partisipasi masyarakt peran dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga bisa menjadi penyumbang kesuksesan, tapi di sisi lain juga ada peran kerja keseluruhan dari setiap divisi. Semua berjalan seluruhnya, hingga membuat partisipasi pemilih dalam Pilgub lalu meningkat.

“Disamping kerja keras dari seluruh KPU, peningkatan partisipasi juga terbantu dengan stakeholder yang terkait,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Magetan, Poppy mengucapkan selamat datang kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota, dalam mengikuti rakor dan bimtek. Dia berharap seluruh peserta yang hadir bisa mengikuti acara secara maksimal, sekaligus juga bisa menikmati destimasi wisata yang ada.

“Usai acara, silahkan bisa menikmati destinasi wisata alam dan kuliner yang ada di Kabupaten Magetan,” pungkasnya.

(BIB/BAY)

Loading...

baca juga