D-ONENEWS.COM

Puluhan Tahanan Polresta Palembang Kabur, Sudah Dirancang Matang

Palembang (DOC) – Aksi kaburnya 30 tahanan Mapolresta Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel) ternyata dibantu oleh salah satu istri tersangka yang mendekam di dalam sel tahanan. Hal itu terkuak setelah petugas berhasil menangkap 8 dari 30 tahanan yang kabur.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah mengatakan, dari hasil pemeriksaan delapan tersangka yang sudah ditangkap tersebut, aksi kaburnya para tahanan itu didalangi oleh Fahmi dan Iwan alias Ogek (DPO). Sebab, rencana untuk menjebol sel tahanan itu telah satu pekan dipersiapkan sebelum berhasil melarikan diri. Dalam aksinya, para tahanan ini juga diketahui menggunakan kunci untuk membuka pintu besi.

“Informasinya memang ada keterlibatan istri tersangka, sekarang masih diperiksa. Selain menggunakan kayu balok, mereka juga menggunakan kunci. Soal kunci ini masih didalami, karena Iwan alias Ogek belum tertangkap,” kata Didi di Mapolresta Palembang, Senin (6/5/2019).

Didi melanjutkan, tim gabungan dari Polresta Palembang dan Polda Sumsel telah disebar untuk menangkap 22 tahanan lain yang masih kabur. Para keluarga tahanan dan warga pun diimbau untuk memberikan informasi kepada petugas jika mengetahui keberadaan para tahanan tersebut.

“Delapan yang sudah ditangkap itu berada di Kawasan Mariana, Plaju dan Gandus. Kita imbau segera menyerahkan diri, karena mereka ini adalah tahanan narkoba yang meresahkan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, 30 tahanan di Polresta Palembang, melarikan diri setelah merusak kamera CCTV serta ventilasi yang ada di dalam ruangan, Minggu (5/5/2019). Informasi yang dihimpun, kejadian itu diketahui sekitar pukul 03.00 WIB, saat seorang tahanan memberitahukan kepada petugas jaga bahwa beberapa ruang sel telah kosong.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata di sel tahanan 1, enam orang telah melarikan diri. Selanjutnya pada sel tahanan dua, ada 12 orang melarikan diri. Begitu juga di sel tahanan tiga, 12 orang juga melarikan diri dengan total sebanyak 30 tahanan berhasil kabur.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga