D-ONENEWS.COM

Sebanyak 5015 Buruh Tani Tembakau Diusulkan Mendapat BLT Cukai

Lumajang,(DOC) – Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Sosial akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada buruh tani tembakau.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, anggaran yang akan di kuncurkan bagi buruh tani tembakau sebasar Rp 10.5 milyar.

Ketua Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Lumajang, Dwi Wahyono mengatakan, nama-nama petani tembakau yang akan menerima bantuan sudah di serahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Lumajang.

“Sebanyak 5015 buruh tani tembakau sudah kami usulkan ke Dinas Sosial,” ujarnya.

Kini, pihak Dinas Sosial masih melakukan verifikasi data untuk menghindari adanya data ganda dan supaya tepat sasaran.

“Untuk nama-namanya sekarang masih proses verifikasi. Rencananya November mulai di distribusikan kepada para petani,” kata Dwi Wahyono.

Lebih lanjut Dwi berharap adanya bantuan gudang pengering tembakau dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang. Mengingat gudang-gudang pengering tembakau milik para petani sudah rusak.

“Untuk pupuk saat ini sangat di harapkan. Karena sekarang kan fenomenanya kan pupuk langka. Kemudian terhapusnya ZA subsidi oleh pemerintah untuk porsi petani tembakau. Sehingga minimal pemerintah bisa membantu terkait dengan pupuk,” tuturnya.(imam)

Loading...

baca juga