D-ONENEWS.COM

Survey SSC, Ganjar Tertinggi dan Mensos Risma Diposisi Ketiga

Foto: Ikhsan Rosidi

Surabaya,(DOC) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi teratas sebagai Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Hasil ini berdasarkan survey elektabilitas di Surabaya yang di selenggarakan oleh Surabaya Survey Center (SSC).

Ganjar memperoleh prosentase elektabilitas sebesar 36,4 %.

Sementara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan kedua (16,3 persen). Lalu di susul oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di posisi ke tiga.

Mantan Wali Kota perempuan di Surabaya itu memiliki elektabilitas sebesar 10,7 persen. Melebihi mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kini tengah di usung Capres oleh Partai NasDem.

Anies mempunyai elektabilitas sebesar 9,3 persen, atau berada di urutan ke empat setelah Mensos Risma.

“Untuk Surabaya, Elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai pilihan calon presiden untuk 2024 nanti terlalu kuat,” kata Peneliti Senior SSC Ikhsan Rosidi, Kamis (12/1/2023).

Hasil survey SCC juga mencatut elektabilitas sejumlah nama, seperti Agus Harimurti Yudhoyono (3,9 persen), Puan Maharani (3,5 persen), dan (3,3 persen).

Kemudian, Ridwan Kamil (3,2 persen), Sandiaga Uno (2,0 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,4 persen), Andhika Perkasa (1,4 persen), Airlangga Hartarto (1,3 persen), dan Mahfud MD (0,8 persen), Muhaimin Iskandar (0,6 persen). “Menjawab lainnya ada 0,8 persen dan tidak tahu/tidak memilih (TT/TM) 6,9 persen,” terangnya

Ikhsan menambahkan, ceruk atau celah di masyarakat Surabaya masih terbuka. Sebab, ada persentase 6,9 persen yang masih tidak mengetahui/tidak memilih.

Ceruk sebesar 6,9 persen di sebut potensial untuk di perebutkan meraih elektabilitas di Kota Surabaya, meskipun pengaruhnya tak begitu signifikan menggeser Ganjar Pranowo dari puncak.

“Walaupun jika melihat jarak angka elektabilitas Ganjar dengan kandidat lain yang sangat lebar, ceruk ini tidak akan terlalu signifikan berpengaruh,” tandasnya.

Penelitian elektoral Pemilu 2024 yang di lakukan oleh lembaga SSC, di gelar per tanggal 1-10 Januari 2023 di 31 kecamatan se Surabaya.

Survey SCC melibatkan 1.200 responden, yang di pilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) di lakukan dengan metode kish grid.(r7)

Loading...

baca juga