D-ONENEWS.COM

Tiga Desa di Kecamatan Gucialit Kekeringan, Pemkab Kirim Air Bersih

Lumajang,(DOC) – Kekeringan melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur salah satunya adalah Kecamatan Gucialit.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melakukan droping air bersih di tiga desa wilayah Kecamatan Gucialit, yaitu Desa Gucialit, Desa Wonokerto dan Desa Wonoayu, Jumat (27/10/2023).

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) saat meninjau pelaksanaan droping air bersih tersebut mengatakan, bahwa kekeringan ini tidak hanya melanda wilayah Kabupaten Lumajang, namun sejumlah wilayah di Indonesia. Hal tersebut, akibat dari kemarau panjang yang terjadi. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat untuk bersabar dan memanfaatkan air sebijak mungkin.

“Ini kami membawa bantuan air untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kemarau panjang ini terjadi hampir di seluruh wilayah, bapak ibu mohon bersabar nggeh, kita juga mengupayakan untuk kebutuhan air bersih masyarakat,” katanya.

Menurut Yuyun, diperlukan adanya inisiasi agar ketersedian air bersih tercukupi, salah satunya mungkin dengan sumur bor atau biopori. Kita coba beberapa cara yang penting membuahkan hasil.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lumajang juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan sholat Istisqo’ untuk memohon hujan. Untuk di wilayah Kota Lumajang, Sholat Istisqo’ akan digelar bersama di Alun-alun Lumajang usai pelaksanaan Salat Jumat.

“Dengan melakukan sholat istisqo’ moga-moga segera turun hujan kesulitan air segera terselesaikan,” pungkasnya. (Kominfo/Imam)

Loading...

baca juga