D-ONENEWS.COM

Tim Basket Putri Jawa Timur Pimpin Sementara Klasemen Grup X di PON Papua

Mimika,(DOC) – Dicabang Olahraga (Cabor) basket, tim basket putri dari Jawa Timur (Jatim) berhasil meraih kemenangan, atas lawannya tim basket putri dari Jawa Tengah (Jateng). Pertandingan yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Center, Rabu(29/9/2021) berakhir dengan skor 65-51.

Dalam kemenangan itu, dua pemain Jatim mencetak dobel-dobel, yaitu Ameilia Ryan Ayu Ardhany (15 poin dan 10 rebound), serta Adelaide Callista Wongsohardjo (13 poin dan 12 rebound). Faizatus Shoimah menjadi top skor dengan membukukan 18 poin. Di kubu Jawa Tengah, Dyah Lestari mencetak 23 poin, disusul Nia Titin yang menambahkan 12 poin.

Jatim mendominasi kuarter pertama dengan keunggulan 20-11. Trio Faizzatus Shoimah. Adelaide Callista Wongsohardjo dan Christine Aldora Tjundawan membuat pertahanan juara bertahan kacau. Tapi justru Jatim tidak bisa mempertahankan keunggulan di kuarter kedua. Jateng lebih rajin mencetak poin dengan skor 15-6 di kuarter kedua. Ini membuat kedudukan sama kuat 26-26 saat babak pertama ditutup.

Seperti yang sudah diperkirakan di awal, Jateng bakal memaksimalkan tembakan tripoin. Dari tiga tripon Jateng di kuarter kedua, dua tembakan dicetak oleh Dyah Lestari. Pemain yang sudah dua edisi PON (2016 dan 2021) berada dalam roster Jateng. Dyah memang dikenal sebagai pemain tinggi yang punya akurasi tembakan tajam.

Di kuarter ketiga, Dyah Lestari kembali menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Jatim. Dia mencetak dua kali tripoin yang membuat Jateng memimpin. Tapi beruntung Jatim bisa merebut kembali keunggulan menjadi 43-38 di detik-detik terakhir lewat three point play Faizzatus Shoimah. Kuarter ketiga ditutup dengan keunggulan Jatim dengan skor 45-38.

Di kuarter keempat terjadi hal yang tidak diinginkan kedua tim. Dyah Lestari dari Jateng mengalami masalah dengan pergelangan kakinya. Semenit kemudian, Faizzatus Shoimah, salah satu andalan Jatim, juga terjatuh di lapangan sembari memegangi pergelangan kaki. Ini membuat kedua tim sama-sama kehilangan satu pemain kuncinya.

Setelah mendapatkan perawatan medis, mereka bisa bermain kembali. Hingga lima menit terakhir, Jatim masih unggul 53-46. Jateng juga masih mengancam lewat tembakan-tembakan jarak jauhnya. Jatim akhirnya bisa mengunci kemenangan dengan skor 65-51.

Pelatih Tim Basket Putri Jatim, Lena mengatakan, dipertandingan pertama mereka, para pemain cepat beradaptasi dengan kondisi lapangan.

“Ini pertandingan pertama, pada quater 3 dan 4 anak-anak bisa menyesuaikan lapangan,” ujar Lena.

Menurut Lena, tim putri Jatim sendiri tergabung dengan tim-tim yang cukup berat, salah satunya Jateng sendiri. “Jateng cukup berat-lah, di pool kami semuanya berat,” jelasnya.

Saat ini, jajaran pelatih akan mengintip pertandingan Bali dengan Jawa Barat, agar bisa menilai kekuatan dua tim tersebut. Jatim untuk sementara memimpin klasemen Grup X dengan dua poin. Selanjutnya mereka ditunggu Jawa Barat dan Bali di babak penyisihan.(ng/r7)

Loading...

baca juga