D-ONENEWS.COM

Wabup Lumajang Imbau Warga di Zona Merah untuk Mengungsi

Lumajang, (DOC)-Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati memberi peringatan keras kepada warga yang berada di zona merah untuk segera mengosongkan tempat.

Menurutnya, jika warga tidak segera meninggalkan kawasan zona merah, petugas akan diterjunkan untuk melakukan evakuasi paksa.

“Kami peringatkan, warga di Zona merah untuk segera meninggalkan tempat, kalau masih ngeyel petugas akan kita turunkan untuk membantu evakuasi,” kata Indah.

Untuk diketahui, ada dua desa yang masuk dalam kategori zona merah. Dua desa itu adalah Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Sementara, beberapa titik pengungsian sudah disiapkan BPBD diantaranya adalah Balai Desa Supiturang, Balai Desa Supiturang, Balai Desa Oro-oro Ombo, Balai Desa Penanggal, Balai Desa Tumpeng, dan SMP Pronojiwo.

“Dibagi dua sektor ya titik pengungsian, yang sebelah barat ada di Pronojiwo, dan yang timur di Candipuro, koneksitas sementara masih terputus karena jembatan dan jalur alternatif curah kobokan tertimbun material vulkanik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Gunung Semeru meluncurkan awan panas guguran (APG) mulai pagi hingga siang hari tadi dengan jarak luncur lebih dari 13 kilometer.eru

Kini, status Gunung Api Semeru naik menjadi level IV (awas). Bupati juga sudah menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari kedepan (Imam)

Loading...

baca juga