D-ONENEWS.COM

Api Porprov Diambil Dini Hari dari Kawah Ijen Blue Fire

kawah ijenBondowoso,(DOC) – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 kian dekat.

Sebagai rangkaian, dini hari nanti 20 Juni 2022, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur sudah melaksanakan pengambilan api Porprov di Kawah Ijen Blue Fire di Bondowoso.

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VII Jatim, Deddy Suhayadi menyampaikan, Kawah Ijen Blue Fire ini terpilih, karena satu-satunya sumber api yang berada di kawasan empat daerah tuan rumah Porprov selain Situbondo, Lumajang dan Jember.

“Kemudian, Kawan Ijen ini merupakah khazanah karena blue fire hanya ada dua di dunia ini. Satu di Islandia dan satunya di Kawah Ijen ini,” ungkap Deddy saat di temui di Bondowoso, Senin (20/6/2022).

Selanjutnya, kata Deddy, tim pengambil api akan naik ke Kawah Ijen pukul 01.00 WIB menyesuaikan jam buka penanjakan. Kemudian, api di ambil lalu di bawa turun pada subuh sekitar pukul 04.00 WIB.

Setelah itu, api akan dikirab memutari setiap kecamatan di Bondowoso pada pagi hari.

“Sore hari sebelum jam 17.00 WIB api akan di semayamkan di Pendopo Kabupaten Bondowoso sehari,” kata Deddy.

Kemudian, esok harinya akan dikirab ulang dan di bawa ke Situbondo, seterusnya ke Lumajang dan berakhir di Jember.

Pria yang juga Wakil Ketua Umum KONI Jatim itu menyampaikan, api Porprov ini menjadi lambang semangat membara para atlet yang akan berjuang meraih prestasi.

“Blue fire kita ambil sebagai penyemangat kepada peserta Porprov VII sebanyak 12 ribu orang. Tak hanya kepada atlet, tapi penyemangat masyarakat untuk menyambut prestasi,” pungkasnya.

Karena itu, ia berharap Porprov VII ini akan menghasilkan prestasi terbaik dan banyak terjadi pemecahan rekor yang di torehkan atlet-atlet muda Jatim.

Selain prestasi, melalui Porprov ini diharapkan mampu menggugah perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.(ang/r7)

Loading...

baca juga