D-ONENEWS.COM

Apresiasi Kampung Tangguh, Anggota Komisi A DPRD Jatim Akan Beri Dukungan

foto: Anggota Komisi A, Estu Hari Subagyo

Surabaya,(DOC) – Pembentukan Kampung Tangguh dipelosok desa di Jawa Timur untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, mendapat apresiasi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Anggota Komisi A, Estu Hari Subagyo menyatakan, kampung tangguh patut menjadi contoh untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sehingga pemerintah perlu memberikan dukungan penuh.

“Kepala desanya kreatif dan bisa menggerakkan warganya bergotong royong sehingga ditetapkan sebagai Kampung Tangguh untuk menekan penyebaran Covid-19. Jadi ini perlu dukungan dari pemerintah,” ungkap Estu.

Dukungan soal anggaran untuk penyelenggaraan Kampung Tangguh, lanjut dia, masih perlu dibahas di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, karena menyangkut kekuatan keuangan daerah dan negara. Namun secara moril dirinya sangat mendukung terbentuknya Kampung Tangguh tersebut.

Mungkin awalnya Kampung Tangguh yang paling kreatif dan effektif memutus mata rantai penyebaran virus corona, akan diberi reward dari pemerintah.

“Selain Surabaya, di Pasuruan, Malang dan Ponorogo juga ada kampung tangguh. Saya sudah keliling 55 desa, mereka cukup kreatif membuat pagar, pintu masuk, alat semprot disinfektan dan tempat cuci tangan dengan dana swadaya masyarakat. Lah ini perlu dibahas untuk support anggaran dari pemerintah,” jelasnya.

Seperti diketahui, pembentukan Kampung Tangguh ini, ide awalnya dikemukakan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran. Pada pemberitaan sebelumnya, di Surabaya sudah ada 1.330 Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo yang telah terbentuk dan diresmikan oleh Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Wali Kota Surabaya.(div/r7)

Loading...

baca juga