D-ONENEWS.COM

Desa Wisata Akan Dapat Dana Stimulus Rp 50 Juta, Pemprov Jatim Siapkan Rp 5 Milyar

Surabaya,(DOC) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur secara bertahap akan membuka tempat-tempat desa wisata di masa transisi New Normal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemprov Jatim, M Yasin menyatakan, tempat desa wisata yang tersebar diwilayah Jawa Timur total terdapat 479 an. Kini para pengelola tempat desa wisata tengah menyiapkan teknis operasionalnya sesuai penerapan protokol kesehatan dalam mengantisipasi persebaran Covid-19.

“Kapan tempat wisata dibuka, tergantung pada pemerintah daerahnya masing-masing. Kalau masuk dalam zona hijau, bisa langsung di operasionalkan,” tandasnya.

Ia menambahkan, suport anggaran dari Pemprov Jatim sudah disiapkan sebesar Rp 5 milliar yang diharapkan bisa membangkitkan gairah para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat desa wisata di Jatim pasca masa pandemic Covid-19.

“Di Jatim ada 100 tempat wisata yang dikelola oleh Bumdes DPMD dan sisanya dikelola Dinas Pariwisata dari total 479 lokasi. Masing – masing akan mendapat dana stimulus sebesar Rp 50 juta untuk persiapan new normal,” katanya.

Selain itu, hand sanitier dan alat cuci tangan di setiap lokasi tempat desa wisata, juga akan disupport oleh Pemprov Jawa Timur. Harapannya perekonomian berjalan kembali pasca tutup berbulan-bulan selama masa pandemic Covid-19.(div)

Loading...

baca juga