D-ONENEWS.COM

Hari Ini Rizieq Shihab Bertolak ke Indonesia, Begini Imbauan Pemerintah

Jakarta (DOC) – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengumumkan rencana kepulangannya dari Arab Saudi.

Rizieq rencananya bertolak dari Arab Saudi pada hari ini, Senin (9/11), dan tiba di Indonesia pada Selasa (10/11) pukul 09.00 WIB, di Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Rizieq bisa pulang ke Indonesia setelah mendapatkan perpanjangan visa.

Informasi kepulangan tersebut disampaikan langsung oleh Rizieq Shihab melalui akun YouTube Front TV, Rabu (4/11).

“Insya Allah saya dan keluarga hari Senin tanggal 9 November 2020 pukul 19.30 waktu Saudi akan terbang dari Bandara Kota Jeddah dengan pesawat Saudia Airlines, nomor penerbangan SV816. Terbang dari Kota Jeddah menuju Jakarta langsung,” ujar Rizieq yang didampingi para pengurus FPI, dilansir Kompas.com, Senin (9/11).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengingatkan massa pendukung Rizieq untuk tertib dan menjalankan protokol kesehatan dalam menyambut kepulangan Rizieq.

Mahfud optimistis bahwa pengikut Rizieq bisa mengedepankan ketertiban.

“Kalau membuat kerusakan itu berarti bukan pengikutnya Habib Rizieq. Kita sikat kalau dia buat kerusuhan. Kalau pengikut Habib Rizieq yang tertib,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, nantinya aparat Kepolisian akan mengamankan kedatangan Rizieq di Indonesia. Pengamanan dilakukan secara reguler.

Oleh karena itu, lanjut Mahfud, pengikut Rizieq diimbau tak membuat kericuhan saat menyambut pemimpinnya.

“Yang penting jangan membuat kerusuhan karena Habib Rizieq itu mau pulang dengan revolusi akhlak,” kata dia.

Sementara itu, Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Hariyadi meminta pendukung Rizieq tidak datang beramai-ramai ke Bandara Soetta.

“Kami berharap sekiranya besok kemudian Bapak Rizieq Shihab kembali, kami mengharapkan penjemputan dan penyambutan dilakukan dalam batas yang sangat wajar,” ujar Agus.

Menurut Agus, ada aturan ketat yang diberlakukan di Bandara Soekarno-Hatta selama pandemi Covid-19 di antaranya pengetatan pengamanan untuk keramaian.

Pasalnya, Bandara Soetta adalah objek vital negara sehingga dilarang ada penyambutan yang mengundang keramaian.

Agus mengimbau simpatisan Rizieq untuk menyambut kepulangan pemimpin FPI itu di kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

“Sebisa mungkin (sambutan) tidak di dalam bandara, mungkin akan lebih bijak kalau disambutnya di titik akhir di kediaman beliau di Petamburan,” ujar Agus.

Sesuai prosedur kedatangan WNI/WNA dari luar negeri selama pandemi Covid-19, maka Rizieq harus menjalani isolasi mandiri setelah tiba di Indonesia.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat menyatakan, Rizieq wajib menjalani karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Tanah Air.

Tak hanya itu, Rizieq harus mengantongi surat keterangan yang menunjukkan negatif Covid-19 berdasarkan tes polymerase chain reaction (PCR). Surat itu hanya berlaku selama tujuh hari.

Sebaliknya, jika tak mengantongi bukti hasil tes PCR, seseorang yang pulang dari luar negeri diwajibkan menjalani pemeriksaan swab.

“Jika hasilnya negatif bisa melanjutkan perjalanan dan menjalani karantina mandiri di rumah/ tempat tinggalnya selama 14 hari,” ucap Budi. (kc)

Loading...

baca juga