D-ONENEWS.COM

Imbas Kerumunan Saat Acara Rizieq Shihab, 30 Positif Covid-19 di Petamburan, 50 di Tebet

Jakarta (DOC) – Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Muhammad Budi Hidayat menyampaikan data terbaru dari hasil pemeriksaan dan pelacakan terkait kerumunan massa dalam sejumlah acara yang digelar pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab beberapa waktu lalu.

“Hasil testing dan tracing berdasarkan data per 19 November dan hasil PCR di Labkesda pada 21 November. Ditemukan di Tebet 50 kasus positif, di Petamburan 30 kasus, dan di Megamendung 15 spesimen sedang menunggu hasil pemeriksaan,” ujar Budi, dilansir dari Tempo.co, Senin (23/11).

Data yang disampaikan Budi merujuk kerumunan massa yang timbul sejak Rizieq pulang ke Tanah Air, dua pekan terakhir. Pertama saat penyambutan kedatangan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 10 November 2020.

Kerumunan massa Rizieq kembali terjadi saat kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat, 13 November 2020. Pada hari yang sama, Rizieq menghadiri acara di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, yang juga menimbulkan kerumunan massa.

Sehari setelah itu, Rizieq membuat acara pernikahan putrinya sekaligus menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW yang mengundang kerumunan di Petamburan.

Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat yang mengikuti sejumlah acara tersebut di atas, baik di Bandara Soekarno-Hatta, Tebet, Petamburan, Megamendung untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan memeriksakan diri ke Puskemas terdekat jika merasakan gejala Covid-19. (tc)

Loading...

baca juga