D-ONENEWS.COM

Jaga Stabilitas Ekonomi, Bupati Ajak Bicara Petani Tembakau dan PT. IDS

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menindaklanjuti keluhan petani tembakau terkait gudang penerimaan setoran hasil panen tembakau yang tidak kunjung buka akibat pandemi Covid-19. Keluhan tersebut disampaikan salah satu petani dalam kegiatan panen tembakau yang beberapa waktu lalu dilakukan di Desa Kaliwungu.

Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengunjungi salah satu gudang penerima tembakau milik PT. Indonesia Dwi Sembilan yang berlokasi di Kecamatan Tempeh untuk melalukan koordinasi terkait penyelesaian hal tersebut.

Dari pertemuan yang berlangsung singkat itu, ada kesepakatan untuk kembali membuka gudang penerimaan tembakau milik PT. IDS, meskipun dengan harga beli yang belum normal, namun para petani bisa menjual hasil panen tembakau yang sudah siap diolah.

“Saya komunikasikan, saya ajak untuk bermusyawarah dengan teman-teman petani tembakau, dan hari ini sudah dibuka, artinya hasil panen tembakau petani sudah bisa dibeli oleh PT. IDS,” ujarnya. Senin (28/9/2020).

Cak Thoriq menambahkan, roda perekonomian di Kabupaten Lumajang harus tetap bergerak. Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk memberikan fasilitasi dan intervensi kepada para pelaku usaha agar kondisi tetap stabil.

“Saya berharap ada titik temu antara hasil produksi masyarakat dan nilai ekonomi produksi yang dikelola badan usaha,” ujarnya.(imam)

Loading...

baca juga