D-ONENEWS.COM

Kapal Viking Sun ke Surabaya Jadwal Kunjungan Ke Tiga, Berlayar Dari Darwin Australia

Surabaya,(DOC) – Humas Pelindo III Regional Jatim, Wilis Aji menyebutkan, bahwa kapal pesiar Viking Sun yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat(06/03/2020) mendatang, berasal dari Norwegia.

Sebelum ke Surabaya, kapal pesiar yang mengangkut ribuan penumpang rata-rata dari Australia serta London itu, akan bersandar dulu ke Labuan Bojo dan Semarang.

“Rencananya yang masuk itu Viking Sun. Tujuan mereka Labuan Bajo, Pulau Komodo, ke Semarang, lalu ke Surabaya,” kata Wilis, Senin(02/03/2020).

Ribuan penumpang tersebut terdiri dari 460 kru kapal dan 848 penumpang dari sejumlah negara yang masuk dalam daftar negara terinfeksi virus corona.

Kapal pesiar Viking Sun itu, lanjut dia, berangkat dari Darwin Australia dengan tujuan sandar di Pulau Komodo, Senin(02/03/2020), kemudian di Semarang, Kamis(505/03/2020), Surabaya pada Jumat(06/02/2020) dan dilanjutkan ke pulau Bali.

“Habis dari Surabaya ke bali,” tandas Wilis.

Persiapan yang dilakukan oleh Pelindo III, kata Wilis, hanya di dermaga Tanjung Perak saja, dengan menerjunkan KKP ke palur untuk naik kapal memeriksa para penumpangnya.

Menurut Wilis pekerjaan berat yang perlu dilakukan, sebenarnya saat pemeriksaan di Labuan Bajo, lantaran Kapal baru bersandar pertama kali dari Darwin Australia.

Disanalah yang menentukan kapal tersebut bebas atau tidaknya dari virus mematikan asal Wuhan China.

Daerah lain seperti Semarang, Surabaya, dan Bali, tidak terlalu berat pemeriksaannya.

“Nanti kalau sudah dinyatakan clear di Labuan Bajo, di Semarang mungkin effortnya tidak setinggi itu. Tapi tetap diperiksa, sebelum masuk Surabaya KKP juga memeriksa, infonya seperti itu,” katanya.

Pada pemberitaan sebelumnya, Wali Kota Risma, telah menyiapkan langkah antisipasi pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang Viking Sun.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat atas rencana kunjungan Kapal pesiar berbendera Norwegia datang ke Indonesia, khususnya Surabaya.(robby)

Loading...

baca juga