Komisi B Akan Evaluasi Kinerja Tim Pansel Rekrutmen Direksi PD Pasar Surya

foto : Baktiono

Surabaya,(DOC) – Komisi B DPRD kota Surabaya berencana memanggil panitia seleksi (Pansel) rekrutmen Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya, Senin(10/12/2018) minggu depan.

Anggota Komisi B DPRD kota Surabaya, Baktiono menyatakan, pemanggilan ini untuk mengetahui kinerjanya dalam proses rekrutmen jajaran direksi PD Pasar Surya. Mengingat kinerjanya masih diragukan.

“Ya karena ini adalah proses yang kesekian kalinya dan sebelumnya gagal terus tanpa kesimpulan serta evaluasi yang jelas. Sehingga digelar lagi sampai ke tiga kali, sementara anggarannya terpakai terus. Makanya kami butuh keterangan dan penjelasan langsung,” tandas Baktiono, Jumat(7/12/2018)

Anggap saja soal anggaran itu kecil, kata Baktiono, tetapi pertaruhan nama Kota Surabaya itu jauh lebih besar, karena Wali Kota nya adalah Presiden UCLG dan Kota Surabaya dikenal sebagai pemerintah daerah rujukan yang namanya telah mendunia.

Baktiono juga mengkritik soal anggota Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya yang ketua-nya di tempati oleh mantan politisi. Hal ini mengkhawatirkan produk rekrutmen direksi akan kental dengan unsur politik.

“Kami masih ragu, jika dia(ketua Bawas,red) sudah bukan anggota partai. Walaupun dikabarkan sudah mengundurkan diri dari keanggotaan partai,” imbuh Baktiono.

Ia mengusulkan kepada Wali Kota Tri Rismaharini untuk berani membuat langkah terobosan dengan cara melamar atau menawari seseorang yang memiliki kemampuan dan kredibiltas dalam mengisi jabatan direksi PD Pasar Surya.

Sistem seleksi terbuka, kata Baktiono, sudah tidak bisa diharapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Jadi tidak perlu lagi ada Pansel, lha wong buktinya gagal terus. Contoh saja, kalau perlu kita tawari Tanri Abeng, itu kalau dia mau. Bila perlu juga melamar mantan presiden Intermilan (Eric Tohir.red), itupun juga kalau dia mau. Artinya merekrut orang-orang yang betul-betul kredibel, nggak usah naggung jika untuk perbaikan kedepan,” tandasnya.

Ia berharap, direksi PD Pasar Surya nantinya bisa dijabat oleh sosok yang benar-benar kredibel dan dikenal. Mengingat perusahaan milik Pemkot ini juga membutuhkan kepercayaan di dunia pasar, baik tradisional maupun modern.

“Kepercayaan itu akan mudah didapat, manakala sosok yang duduk di jabatan direksi itu adalah mereka yang sudah dikenal dan kredibel dibidangnya, bukan asal lulus seleksi apalagi asal comot berdasar like or dislike,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Ketua Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya kini dijabat oleh Rusli Yusuf, mantan anggota komisi B DPRD kota Surabaya dari fraksi Demokrat, periode 2004-2009 lalu.(robby/r7)