D-ONENEWS.COM

Komisi VIII Dukung Percepatan Perbaikan DTKS Agar Lebih Tepat Sasaran

Bogor,(DOC) – Upaya percepatan dan perbaikan data penerima bantuan yang tengah dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos), akhirnya mendapat dukungan dari Komisi VIII DPR RI.

Dukungan itu terungkap dalam rapat kerja (Raker) lanjutan antara Komisi VIII dengan Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini yang membahas soal data kemiskinan terbaru, Senin(7/6/2021) malam di Wisma Sekretariat DPR RI, Cisarua, Bogor Jawa Barat.

Hasil Raker yang mengagendakan “Pembahasan Data Kemiskinan Terbaru Kemensos RI”, telah disimpulkan oleh pihak legislative sebagai berikut:

  • Pertama, Komisi VIII DPR RI bisa memahami bahwa penjelasan Mensos mengenai data penerima manfaat yang termasuk Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) karena bertujuan agar tidak ada lagi bantuan yang tumpang tindih.
  • Kedua, Komisi VIII DPR RI mendukung Mensos dalam merapikan dan memastikan bahwa DTKS yang baru banar-benar valid dan menjadi rujukan bagi semua penyaluran program Bansos agar tepat sasaran.
  • Ketiga, Komisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk selalu menginformasikan dan mengkoordinasikan mengenai perkembangan verifikasi dan validasi DTKS yang baru kepada Komisi VIII DPR RI.
  • Keempat, Komisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk menyususn peraturan dan pedoman tentang mekanisme verifikasi dan validasi data dari masyarakat.

“Demikian kesimpulan Rapat Kerja, Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI, H Yandri Susanto, selaku pimpinan Raker usai membacakan kesimpulan rapat yang dihadiri langsung oleh Mensos Risma beserta jajaran ASN Esselon I dilingkungan Kemensos RI.(robby/hm)

Loading...

baca juga