D-ONENEWS.COM

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Semester Akhir Akan Direkrut Jadi Relawan Kesehatan

Surabaya,(DOC) – Rapat Koordinasi (Rakor) daring Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Surabaya, BPOM, Distributor Obat, Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI), Forkopimda dan OPD terkuak penambahan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 per 13 Juli 2021 telah mencapai

1.624 orang, sehingga total jumlah kasus aktif kini menjadi 2.275 orang.

Namun demikian, masih terdapat kabar baik yang bisa membangkitkan optimisme penanganan Covid-19, yakni angka kesembuhan harian mencapai angka tertinggi, sebanyak 729 orang sembuh, tepatnya pada hari Selasa(14/7/2021) kemarin. Dalam kesempatan itu, perwakilan IDI Dr. Bramana Askanda menyampaikan bahwa hingga sekarang sudah tercatat 270 Dokter yang terpapar Corona.

Wakil Walikota Surabaya Armuji selaku pemimpin Rakor daring itu, menyatakan, siap menampung masukan saran dari IDI dan PERSI serta berbagai mitra kerja lainnya.

“Kami menangkap usulan dari berbagai masukan, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan diantaranya menyiapkan relawan yang di rekrut dari mahasiswa semester akhir Fakultas Kedokteran atau STIKES,” kata Cak Ji sapaan akrab Armudji.

Menurut Cak JI, saat ini Pemkot Surabaya telah mengoptimalkan pelayanan kesehatan di 64 Puskesmas hingga 24 jam untuk menampung isolasi mandiri atau warga dengan gejala Covid-19. “Jadi harapannya nanti relawan kesehatan akan dapat membantu pelayanan di Puskesmas – puskesmas, tentunya kita (Pemkot) akan berkonsultasi dengan kementerian kesehatan, Fakultas Kedokteran dan STIKES yang ada di kota Surabaya,” imbuhnya.

Dirinya juga menegaskan dalam situasi darurat pemerintah dituntut untuk mengambil langkah cepat untuk menjamin keselamatan warganya.

“Sekarang kita harus ambil terobosan hindari administrasi njelimet dan birokratis, seperti Obat atau Vaksin bisa dikeluarkan ijin edar darurat jadi rekrutmen relawan kesehatan harusnya bisa juga di situasi pandemi ini,” pungkas Wawali Surabaya.(r7/hm)

Loading...

baca juga