Museum WR Soepratman Diresmikan Pada Hari Pahlawan

Surabaya,(DOC) – Museum Rumah Wafat WR. Supratman akan diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, peresmian itu baru dilakukan tahun ini dari rencana tahun 2017. Tertundanya dari rencana semula menurut Antiek karena perlu persiapan lebih matang.

“Kita perlu menata ulang, diantaranya membenahi rumah, kemudian akses jalan menuju rumah. Seluruh OPD bekerja sama,” Ujarnya.

Antiek menambahkan museum itu nantinya akan menjadi tempat pembelajaran bagi anak-anak.

“Untuk itu kita masih berusaha untuk menambah koleksi museum dengan menjalin kerjasama dengan beberapa museum nasional,” lanjutnya.

Beberapa benda peninggalan WR. Supratman yang diupayakan menjadi koleksi museum diantaranya, konsep tulisan lagu, foto-foto pergerakan.

“Kita juga akan membuat replika biola beliau. Kita juga berusaha mengumpulkan nama jalan beliau, kalimat terakhir sebelum wafat. Kita akan buat memorabilia,” jelas Atiek.

Peresmian nanti akan digelar dengan sekolah kebangsaan yang diikuti oleh sekitar 100 anak-anak sebagai peserta. Setelah persemian masyarakat bisa mengunjungi museum itu tanpa dipungut biaya mulai pagi sampai sore pada Senin sampai Minggu.

“Kita berharap WR. Supratman bisa menjadi insiprasi, kalau berjuang itu tidak harus angkat senjata. Melainkan dengan keahlian yang dimiliki dengan menulis lagu,” lanjutnya.

Saat disingung soal keluarga besar pencipta Lagu Indonesia Raya itu, Atiek menegaskan kalau Pemkot Surabaya tidak mau terlibat.

“Itu urusan keluarga, nanti pihak keluarga kita undang semua baik itu yang di Surabaya maupun Jakarta,” pungkasnya.(robby/r7)