D-ONENEWS.COM

Operasi Gabungan Dlanggu Jaring Kendaraan Bermotor Tak Sesuai Speksifikasi

Surabaya, (DOC) – Jangan gunakan knalpot tak sesuai spesifikasi di Kabupaten Mojokerto, dipastikan akan ditindak tegas. Puluhan motor dan 1 unit mobil terjaring operasi gabungan Polsek Dlanggu dengan Koramil Dlanggu pada Sabtu (27/1/2024) dinihari.

Kapolsek Dlanggu, IPTU M Khoirul Umam mengatakan, bahwa operasi kali ini dilakukan karena menindaklanjuti keresahan masyarakat dengan banyaknya motor dan mobil yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis.

Operasi kali ini tidak dilakukan penilangan, tetapi tindakan yang diberikan adalah pengendara diharuskan mengganti knalpotnya dengan knalpot standar di tempat. Hal tersebut merupakan upaya untuk memberikan efek jera kepada para pelanggar lalulintas agar tidak mengulangi pelanggaran tersebut

“Jadi pada kendaraan yang terjaring operasi kali ini dan kami suruh ganti dengan knalpot standar di tempat,” ujar M Khoirul Umam.

Sebanyak 31 motor dan 1 mobil dengan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi teknis berhasil diamankan dalam operasi gabungan kali ini. Selain diberi sanksi dengan mengganti knalpot standartnya ditempat, para pengendara juga diingatkan untuk selalu membawa surat kelengkapan kendaraan.

“Tindakan yang kami lakukan bersifat lebih bersifat preventif dan pembinaan, tidak ada biaya yang dikenakan kepada pemilik kendaraan sehingga tidak memberatkan,” jelas pria yang akrab disapa Umam.

Ia mengatakan, bahwa operasi penindakan pada kendaraan yang menggunakan knalpot brong ini menjadi bukti nyata komitmen TNI/Polri, untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban di lingkungan, serta diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

“Ini bentuk imbauan pada masyarakat, agar tertib berlalulintas, dan saling menghargai pada pengendara atau pun warga yang tinggal di lokasi tersebut,” ungkapnya.

Dalam operasi kali ini, berjalan lancar tak ada kendala. Bahkan, beberapa motor yang terjaring pada malam itu, langsung mengganti knalpotnya.

“Sementara bagi yang belum bisa mengganti knalpot secara langsung, akan diberi kesempatan membawa dan mengganti knalpotnya di Mapolsek Dlanggu,” tandasnya. (ang)

Loading...

baca juga