D-ONENEWS.COM

Pastikan Harga Beras dan Pasokan Aman, Pj Bupati Lumajang Sidak ke Pasar

Lumajang, (DOC) – Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni melaksanakan kunjungan kerja ke pasar tradisional yang ada Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Senin (11/10/2023).

Kunjungan ke Pasar PJ. Bupati Lumajang bersama Forkompinda untuk mengecek harga beras.

Beras medium dijual dengan harga Rp 12 hingga Rp 12.500 ribu per kilogram, sedangkan beras premium dibandrol seharga Rp 13 hingga Rp 14 ribu per kilogram.

“Selisihnya mereka hanya mengambil antara Rp500 paling tinggi. Permasalahan ada di ongkos angkut, tetapi untuk beras premium memang ada beberapa yang harganya sudah di bawah Rp14.000. Jadi, sudah ada penurunan, termasuk harga Bulog,” terang Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni.

Yuyun juga mengungkapkan, bahwa harga beras medium di pasar sebenarnya tidak terlalu selisih banyak dengan harga yang sudah ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Kunjungan kali ini bertujuan untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok di pasar Yosowilangun. Harga pun cukup terjangkau. Artinya, harga di pasar cenderung stabil,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya juga meminta kepada Perangkat Daerah terkait untuk terus mengintervensi pasar dengan terus melakukan monitoring, mengingat dalam waktu dekat sudah memasuki musim panen.

“Kita harus terus antisipasi karena dalam waktu dekat ini masuk dalam musim panen, kalau musim panen takutnya harga beras anjlok. Antisipasi kita terus melakukan operasi pasar dan intervensi ke pengecer-pengecer lewat Perum Bulog melalui program SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, red) agar harga tetap stabil,” pungkasnya. (Imam)

Loading...

baca juga