D-ONENEWS.COM

Sidak Gereja Jelang Natal, Gubernur Khofifah Naik Motor Bersama Kapolda dan Pangdam

Foto: Gubernur Khofifah Naik Motor Bersama Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB saat Sidak ke gereja – gereja

Surabaya,(DOC) – Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB dan bersama Jajaran Forkopimda Jawa Timur, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke 2(dua) gereja di Surabaya dengan mengendarai motor, Senin(23/12/2019) pagi.

Sidak ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan persiapan jelang perayaan Natal 2019.

Para petinggi Jatim ini, mengenderai motor dari Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani menuju Gereja Katolik Gembala Yang Baik di kawasan Jemur Handayani sebagai lokasi Sidak pertama, kemudian dilanjutkan ke Gereja Kristen Indonesia (GKI) di kawasan Ngagel Surabaya.

Di lokasi Sidak pertama, para rombongan Forkopimda Jatim tersebut melakukan pengecekkan  kondisi gereja, kesiapan untuk misa dan juga keamanan di gereja tersebut. Mereka juga sempat berdialog dengan para pendeta sebelum melanjutkan Sidaknya ke lokasi gereja kedua.

Saat berada di GKI Ngagel, Khofifah bersama Kapolda dan Pangdam melihat kondisi gereja yang masih dilakukan proses pembangunan fisik. Dalam kesempatan itu Khofifah memastikan bahwa jemaat nantinya memiliki ruang yang cukup untuk beribadah di malam kebaktian.

“Kami jajaran Forkompimda Jawa Timur, kita ingin silaturahmi dengan elemen masyarakat yang akan merayakan Natal. Kalau di gereja ini kan akan dijadikan tempat misa, untuk itu kita berharap semuanya berjalan lancar, semuanya bisa membangun harmoni di antara kita semua,” katanya.

Ia menambahkan, keberagaman, kebhinekaan di antara heteroginitas harus terus dijaga dan dijadikan referensi bangsa, agar Indonesia bisa menjadi negara yang penuh kearifan, yakni dengan tetap membangun persaudaraan antar sesama manusia, persaudaraan lintas agama juga persaudaraan kebangsaan.

“Pada format seperti itulah kami bersama-sama Pak Kapolda Pak Pangdam ingin bersilaturahim dengan tempat-tempat yang besok akan dijadikan misa Natal. Ada beberapa gereja yang kita akan hadiri pada hari ini kemudian besok juga kami akan kembali hadir di beberapa gereja,” papar Khofifah.

Forkopimda akan berusaha keras agar pada perayaan Natal nanti, dapat terselenggara dengan aman dan warga Jatim bisa menjadi bagian dari penguatan ruh spiritualitas bangsa.

Disampaikan oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, mulai hari ini ada dua tim dari Polda yang bergerak menyisir gereja-gereja di Surabaya untuk menjaga keamanan.

“Kami akan berkeliling hari ini sampai tanggal 25 Desember. Kami akan kunjungi gereja-gereja untuk mengecek kesiapan gereja dan kesiapan arapat keamanan dengan didukung juga oleh stakeholder,” tandasnya.

Jajaran Polda Jatim dan TNI sudah berkomitmen untuk mengamankan seluruh kegiatan kebaktian Natal dengan dukungan para ormas lintas agama.

“Di momen Natal dan tahun baru ini kami berharap bisa lancar dan kami beharap khususnya yang merayakan Natal bisa tenang merayakan Natal,” tegasnya.

Sementara itu, para pendeta di dua gereja tersebut sempat mendoakan Forkopimda dan Jawa Timur, karena telah memberikan perhatian terhadap kelancaran Natal nanti.

Pendeta Florida Rambu dan Pendeta Wahyu Pramudia dari GKI Ngagel mengucapkan terima kasih kepada para jajaran Forkopimda Jatim.

Dikesempatan itu, Pendeta Florida menjelaskan, bahwa di GKI Ngagel memang gereja utamanya sedang ada perbaikan. Namun pihaknya memastikan bahwa tidak akan mengganggu jalannya misa.

“Terima kasih atas bantuan yang kami terima pengaturan jalan karena memang di gereja kami sedang ada perbaikan. Juga kami berkerja sama baik degan lurah, camat juga sehingga pembangunan gereja kaki bisa berlangsung aman, kami bersyukur kondisi Surabaya dan Jatim bisa aman, sehingga kami juga berharap agar Natal bisa berlangsung damai dan lancar,” pungkas dia.(hadi)

Loading...

baca juga