D-ONENEWS.COM

Sidak Taman Pasif, Wali Kota Eri Minta Penataan Ulang

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (cak Eri) lakukan inspeksi mendadak (Sidak) sejumlah taman pasif di kawasan Jalan Raya Darmo, Senin(24/10/2022).

Nampak Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro beserta jajarannya, hadir mendampingi Wali Kota Sidak.

Kepada Agus Hebi, Cak Eri meminta taman-taman pasif di sepanjang Jalan Raya Darmo di tata ulang.

“Jangan terlalu kosong dan terlalu lebat tanamannya. Kalau bisa tiga kali sehari di lihat. Jangan sampai nggak keramut seperti ini,” tandas Cak Eri.

Ia juga ingin tanamannya di bentuk pola, agar nampak lebih cantik dan jenis tanamannya bervariasi. Mulai dari rumput sampai pepohonan yang rindang, sekaligus tahan terhadap cuaca panas.

“Jangan hanya semak. Tapi ada yang ukuran sedang dan tinggi. Jadi di buat pola – pola gitu biar bagus. Di delok iku enak (di lihat itu enak),” pintanya.

Usai sidak Wali Kota, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan, penataan taman pasif di minta juga di lakukan di kawasan lainnya.

Jenis tanamannya pun harus memenuhi tiga unsur, yakni rindang, dapat menyerap polusi udara, tahan cuaca panas dan tidak terlalu rimbun atau gersang.

“Mintanya penyerapan CO2 optimal dan bisa memproduksi O2 sebanyaknya. Nanti kita akan siapkan tiga jenis tanaman itu. Mulai semak, perdu – perduan, sampai pohon pelindung yang agak tinggi,” kata Hebi.

“Selain merawat tanaman. Kita juga tambah lampu, agar taman pasif tetap terlihat cantik di malam hari,” tutupnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga